Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Simbolon, Sartika Ari Veronika
Subject
EDUCATION
Datestamp
2023-03-14 08:30:03
Abstract :
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa
kelas XI MIPA mata pelajaran fisika materi elastisitas bahan dan hukum Hooke
melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model
pembelajaran student teams achievement division (STAD) di Sekolah Menengah
Atas Negeri 2 Pekanbaru, Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif,
dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Pekanbaru, yang terdiri dari 5 kelas XII
MIPA berjumlah 180 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik purposive
sampling, sehingga sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas
eksperimen 1 dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik
pengambilan data menggunakan metode tes. Teknik untuk mengukur hasil belajar
menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk tes objektif. Uji analisa data
yang digunakan dalam penelitian meliputi uji independent sample t test dan uji N?Gain score. Pengolahan data yang dilakukan dengan berbantuan program software
SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan
siginifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PBL dengan
hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran STAD. Hal ini ditunjukkan
dengan uji independent t test menunjukkan bahwa nilai signifikasinya adalah
0,161 > 0,05. Hasil uji N-Gain score di kelas eksperimen 1 sebesar 0,79
menunjukkan peningkatan hasil belajar interpretasi tinggi. Begitu juga hasil di
kelas eksperimen 2 sebesar 0,74 menunjukkan peningkatan hasil belajar
interpretasi tinggi. Dengan demikian, hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran problem based learning (PBL) lebih tinggi karena berfokus pada
pemecahan masalah sehingga memiliki pemahaman konsep yang baik dibanding
dengan model pembelajaran student teams achievement division (STAD).
Kata Kunci : PBL, STAD, Hasil Belajar Siswa, Tatap Muka./ This study aims to compare the learning outcomes of students in class XI
MIPA in physics subject matter elasticity of materials and Hooke's law through
problem based learning (PBL) learning models and student teams achievement
division (STAD) learning models at State Senior High School 2 Pekanbaru, Riau.
This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of
research. The population of this research is all students of class XI Mathematics
and Natural Sciences at SMA Negeri 2 Pekanbaru, which consists of 5 classes XII
Mathematics and Natural Sciences totaling 180 students. The sampling technique
used purposive sampling technique, so that the sample of this study was class XI
MIPA 3 as experimental class 1 and class XI MIPA 5 as experimental class 2. The
data collection technique used the test method. The instrument to measure
learning outcomes uses a pretest and posttest in the form of an objective test. The
data analysis test used in the study included the independent sample t test and the
N-Gain score test. Data processing was carried out with the help of the SPSS
version 26 software program. The results showed that there was no significant
difference in student learning outcomes using the PBL learning model and student
learning outcomes using the STAD learning model. This is indicated by the
independent t test which shows that the significance value is 0.161 > 0.05. The
results of the N-Gain score test in the experimental class 1 of 0.79 high
interpretation. Likewise, the results in the experimental class 2 were 0.74 high
interpretation. Thus, student learning outcomes using the problem based learning
(PBL) learning model are higher because they focus on problem solving so that
they have a good conceptual understanding compared to the student teams
achievement division (STAD) learning model.
Keywords: PBL, STAD, Student Learning Outcomes, Face-to-Face Learning