DETAIL DOCUMENT
Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan Agama Kristen Pada Keluarga Pelaut Di Sektor IX GPIB Jemaat Petra Jakarta Utara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Marleen, Jane Angel
Subject
Religious education 
Datestamp
2019-11-15 03:32:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan komunikasi dalam Pendidikan Agama Kristen pada keluarga pelaut di sektor IX GPIB Petra Jemaat Jakarta Utara. Dalam penelitian ini yang menjadi partisipan adalah keluarga pelaut yang terdiri dari ayah yang berprofesi sebagai pelaut, ibu dan anak pada sektor IX GPIB Jemaat Petra Jakarta Utara yang berjumlah 5 keluarga. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah peranan komunikasi dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada keluarga pelaut. Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kehadiran ayah untuk berkumpul dengan keluarga menjadi tidak intens. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat ialah 1) setiap keluarga pelaut melakukan komunikasi dalam PAK, walaupun tidak secara intens bagi ayah; 2) komunikasi dalam PAK berlangsung dimana, kapan, dan dalam kegiatan sehari-hari. 3) komunikasi PAK dapat disampaikan dalam bentuk story telling, bernyanyi dan berdiskusi; 4) pada setiap keluarga pelaut komunikasi dalam PAK dapat terjalin dengan baik sebab saling terbuka dan mau mendengarkan; dan 5) keluarga pelaut menyadari dan menerima akan setiap konsekuensi yang diterima dan dialami pada keluarga pelaut seperti komunikasi yang terhambat secara teknis, merasakan peran ganda bagi ibu, membutuhkan sosok ayah bagi anak-anak dan mendambakan sosok suami bagi istri. Kata kunci : Komunikasi, Pendidikan Agama Kristen, keluarga pelaut This study aims to determine the role of communication in Christian Religious Education in seafarers? families sector in sector IX GPIB Petra, North Jakarta Church. In this study, the participants were seafarers' families consisting of fathers who worked as seamen, mothers and children in the IX sector of GPIB Petra Utara Church, Jakarta, which examined 5 families. The main problem in this study is communication in Christian Religious Education (PAK) in seafarers' families. The background problem in this study is the presence of fathers to gather with family becomes not intense. The data collection technique used is structured interviews. Based on the research results obtained are 1) each sailor family communicates in PAK, while not intense for fathers; 2) communication in PAK takes place where, whenever and in daily activities. 3) PAK communication can be delivered in the form of telling or telling stories, singing and discussing; 4) in each family of seafarers communication in PAK can be established properly because they are open and willing to discuss; and 5) seafarers 'families will accept everyone who receives and seafarers' families such as communication that is technically obstructed, multiplied by the mother, needs a father's child for children and craves a photo of the future wife for his wife. Keywords: Communication, Christian Religious Education, seamen's family 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia