DETAIL DOCUMENT
Strategi Indonesia dalam Memenangkan Persaingan Pasar Kopi di Amerika Serikat Periode Tahun 2018-2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Athalia, Jessica Grace
Subject
POLITICAL SCIENCE 
Datestamp
2023-12-15 06:39:54 
Abstract :
Keberagaman sumber daya alam Indonesia dapat dijadikan sebagai alat untuk mencapai kepentingannya, salah satunya adalah kopi. Dalam pemanfaatannya, pemerintah Indonesia menggunakan kopi sebagai guna untuk memenangkan persaingan pasar di Amerika Serikat. Sehingga Indonesia memerlukan strategi untuk memenangkan persaingan pasar kopi di Amerika Serikat. Dalam strategi tersebut, Indonesia mengikuti berbagai macam pameran yang diselenggarakan di Amerika Serikat. Sehingga penelitian ini mengkaji bagaimana strategi yang dilakukan Indonesia dalam memenangkan persaingan pasar kopi di Amerika Serikat selama tahun 2018-2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yang bersumber dari data Badan Pusat Statistik, buku terbitan Pusdatin Pertanian, artikel, jurnal, serta data wawancara untuk mengetahui perkembangan jumlah dan nilai kopi Indonesia yang dipasarkan ke Amerika Serikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif dan analisis dengan menggunakan teori keunggulan kompetitif dari Michael E, Porter. Strategi yang dilakukan Indonesia adalah melalui Dua Coffee Washington DC, yang berhasil masuk ke kancah internasional, dan mampu bersaing di Washington DC. Melalui adanya Dua Coffee DC, Indonesia melakukan usaha kinerja melalui sumber daya alam dari petani Klasik Beans, bekerja sama dengan beberapa perusahaan kedai kopi di Washington DC, serta mengikuti beberapa pameran guna untuk mempromosikan produk kopi Indonesia di pasar Amerika Serikat, dan mampu bersaing dengan pasar kopi Amerika Serikat./ The diversity of natural resources can be used as a tool to achieve its interests, one of which is coffee. In its utilization, the Indonesian government uses coffee as to use widest market competition. So Indonesia requires a strategy to win the competition of the coffee market in the United States. In this strategy, Indonesia follows various exhibitions held in the United States. So this study examines how the strategy conducted in Indonesia in winning the competition of coffee market in the United States during 2018-2020. Data collection techniques used are primary and secondary data, sourced from the Central Bureau of Statistics, the book of Pusdatin Agriculture, Articles, Journals, and Interview data to know the development of the amount of value and coffee value of Indonesia that is marketed to the United States. The method used in this research is descriptive data and analysis using the theory of competitive advantage of Michael E, Porter. The strategy conducted by Indonesia is through two Coffee Washington DC, which successfully entered the international scene, and was able to compete in Washington DC. Through the two DC Coffee, Indonesia conducted performance efforts through the natural resources of the Classical Beans farmers, in collaboration with several coffee shops in Washington DC, and following several events or exhibitions as to promote Indonesian coffee products in the US market, and were able to compete with the United States Coffee Market. 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia