Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang seberapa besar
hubungan antara kompetensi pedagogik guru PAK dengan minat belajar PAK
pada peserta didik di SMK Cahaya Sakti Jakarata. Dalam penelitian ini yang
menjadi populasi adalah peserta didik kelas X dan XI di SMK Cahaya Sakti
Jakarta berjumlah 43 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode korelasional kuantitatif. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan distribusi frekuensi presentase. Instrumen yang digunakan adalah
angket dengan bentuk tabel. Dari hasil penelitian kedua variabel menunjukkan
bahwa terdapat hubungan yang positif namun tidak signifikan antara kompetensi
pedagogik guru PAK dengan minat belajar PAK peserta didik di SMK Cahaya
Sakti Jakarta hubungan antara kedua variabel tidak signifikan karena korelasinya
rendah. Dengan kata lain bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis
nol (Ho) ditolak, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,280 yang
menunjukkan korelasi kedua variabel adalah termasuk pada kategori rendah, serta
koefisien determinasi sebesar 0,078 yang menunjukkan variabel kompetensi
pedagogik guru PAK memiliki hubungan dengan minat belajar PAK peserta didik
sebesar 7,8% sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti tidak
tersedianya buku pelajaran PAK, faktor eksternal salah satunya adalah relasi siswa
dengan siswa, dalam hal ini ketika siswa sedang mengalami masalah dengan
temannya bisa menyebabkan siswa tersebut tidak berminat untuk mengikuti
pelajaran PAK karena pasti bertemu dengan teman yang sedang bermasalah
dengannya. Hal lain juga ditunjukkan dengan uji ANOVA atau Ftest, Fhitung sebesar
2,380 dengan sig = 0,134 > 0,05 artinya bahwa hubungan antara variabel X
dengan Y positif. Berdasarkan tabel persamaan regresi koefisien menunjukkan
bahwa nilai konstanta sebesar 47,577 dan koefisien kemiringan garis kompetensi
pedagogik guru PAK sebesar 0,526X. Hubungan ini dapat dilihat dengan
persamaan regresi dimana ?= 47,577+0,526X, yang artinya apabila kompetensi
pedagogik guru PAK semakin ditingkatkan akan membuat Minat Belajar PAK
peserta didik di SMK Cahaya Sakti Jakarta naik satu tingkat secara statistik.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru PAK, Minat Belajar PAK, dan
Peserta Didik
This study aims to obtain information about how much the relationship between
pedagogical competencies of PAK teachers and PAK learning interest in students
in SMK Cahaya Sakti. In this study, the population was students of class X and XI
at SMK Cahaya Sakti Jakarta totaling 43 people. The method used in this study is
quantitative correlational methods. The data obtained were analyzed using
percentage frequency distribution. The instrument used is a questionnaire with a
table form. From the results of the study, the two variables showed that there was
a positive but not significant relationship between the pedagogic competencies of
PAK teachers and PAK students' interest in learning at SMK Cahaya Sakti
Jakarta, the relationship between the two variables was not significant because of
the low correlation. In other words, the alternative Hypothesis (Ha) is accepted
and the null Hypothesis (Ho) is rejected, this is indicated by a correlation
coefficient of 0.280 which shows the correlation of the two variables included in
the low category, and the determination coefficient of 0.078 which indicates the
PAK pedagogic competence variable has the relationship with students' PAK
learning interest is 7.8% while the rest is influenced by other factors such as the
unavailability of PAK textbooks, external factors one of which is the relationship
between students and students, in this case when students are having problems
with their friends can cause the students not interested in taking PAK lessons
because they definitely meet with friends who are having problems with them.
Another thing is also indicated by the ANOVA test or Ftest, F count is 2,380 with
sig = 0,134> 0,05 which means that the relationship between variable X and Y is
positive. Based on the regression equation coefficient table shows that the
constant value is 47,577 and the slope coefficient of the PAK pedagogic
competence line is 0,526X. This relationship can be seen in the regression
equation where ? = 47.577 + 0.526X, which means that if the PAK teacher's
pedagogical competencies are increased, it will make the PAK Learning Interest
of students in SMK Cahaya Sakti Jakarta rise one level statistically.
Key Word : Pedagogic Competencies, PAK Teachers, PAK Learning Interests, and Students