Abstract :
Penel i t ian ini di lakukan untuk mengetahui tanggung jawab
orang tua terhadap pendidikan agama anak berdasarkan Ulangan
6:5-9. Pendidikan agama anak yang dikai tkan dengan Ulangan 6:5 -9
dimaksudkan agar sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan
demikian tangung jawab orang tua tetap berlandaskan kehendak
Tuhan. Metode yang digunakan dalam penel i t ian ini adalah metode
kual i tat i f dengan menggunakan pendekatan kr i t ik narat i f . Penel i t ian
ini dimulai dengan studi l i teratur guna menemukan keterkai tan
tanggung jawab orang tua te rhadap pendidikan agama anak yang
secara khusus berdasarkan teks Ulangan 6:5 -9. Studi l i teratur
tersebut di fokuskan pada pemahaman tentang tanggung jawab,
gambaran umum ki tab dan tafsi ran teks Alki tab Ulangan 6:5-9.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Ulangan 6:5-9 adalah inti
pengajaran agama dan pengajaran agama tersebut bertumpu kepada
keluarga dimana orang tua menjadi penganggung jawab utama untuk
mengajarkan kebenaran firman Tuhan kepada anak-anak. Secara
sederhana orang tua dapat mengajarkan anak dengan dua hal yaitu
secara verbal (menyampaikan pengajaran firman Tuhan dalam setiap
aspek kehidupan) dan visual (menunjukkan simbol -simbol atau tanda)
disertai dengan pemahaman yang benar. Dengan demikian rencana
mula-mula Tuhan dapat berjalan dalam setiap kehidupan generasi yang
ada. Melalui teks ini setiap orang dituntut untuk memahami bahwa
teks-teks Alkitab sangat mempengaruhi perkembangan suatu bangsa.
Adapun saran yang diberikan adalah 1) orang tua perlu mempelajari
tafsir agar tidak salah dalam memberikan pengajaran kepada anak; 2)
orang tua dapat memanfaatkan kemajuan teknologi agar anak tidak
merasa jenuh; 3) orang tua menggunakan pendekatan dan metode
kreatif guna menarik perhatian anak dan 4) gereja dapat lebih
mempersiapkan keluarga atas tanggung jawab yang untuk mendidik
anak dengan baik.
Kata Kunci:Tanggung Jawab, Perintah, Kasih
This research was conducted to find out the parents' responsibility for
children's religious education based on Deuteronomy 6:5-9. Child religious
education which is associated with Deuteronomy 6:5-9 is intended to be in
accordance with the times. Thus the responsibility of parents remains based on
God's will.The method used in this study is a qualitative method using a narrative
criticism approach. This research began with a literature study to find out the
interrelationship of parents' responsibility for children's religious education which
is specifically based on the text of Deuteronomy 6: 5-9. The study of literature
focuses on the understanding of responsibility, the general description of the book
and interpretation of the biblical text Deuteronomy 6:5-9.The results of the
analysis of the conclusions of this study prove that Deuteronomy 6: 5-9 is the core
of religious teaching and the teaching of religion rests on families where parents
are the primary responsibility for teaching the truth of God's word to children. In
simple terms parents can teach children with two things namely verbally
(conveying the teaching of God's word in every aspect of life) and visually
(showing symbols or signs) accompanied by correct understanding. Thus the
original plan of God can run in every life of the existing generation. Through this
text everyone is required to understand that the biblical texts greatly influence the
development of a nation. The suggestions given are 1) parents need to learn
interpretations so they are not wrong in giving teaching to children; 2) parents can
take advantage of technological advances so that children do not feel bored; 3)
parents use creative approaches and methods to attract children's attention and 4)
the church can better prepare families for the responsibility to educate children
well.
Key words: Responsibilities, Commandments of God, Love