Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendapat siswa tentang
penggunaan internet untuk mengembangkan kebiasaan membaca. Penelitian ini dilakukan di
kampus Universitas Kristen Indonesia. Metode dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan desain survei, dan instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah seperangkat
kuesioner yang terdiri dari 20 pernyataan menggunakan Skala Likert. Jumlah responden
untuk penelitian adalah 43 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
sebanyak 43% dari total keseluruhan siswa, setuju tentang penggunaan internet untuk
mengembangkan kebiasaan membaca mereka. Dan ada 10% dari total keseluruhan siswa
sangat setuju tentang penggunaan internet untuk mengembangkan kebiasaan membaca
mereka. Ada 15% dari total keseluruhan siswa yang tidak setuju tentang penggunaan internet
untuk mengembangkan kebiasaan membaca mereka. Dan sebanyak 2% dari total keseluruhan
siswa, sangat tidak setuju tentang penggunaan internet untuk mengembangkan kebiasaan
membaca mereka. Jadi, disimpulkan bahwa sebagian besar siswa setuju tentang penggunaan
internet untuk mengembangkan kebiasaan membaca, terutama dalam belajar bahasa Inggris./ The purpose of this research was to find out the students? perception on using internet to
develop reading habits. This research was conducted at Universitas Kristen Indonesia. The
method of the research was qualitative research with survey design and the instrument of the
research was a set of quetionnaire consisted of 20 statements using Likert Scale. There were
43 students became respondents of this research. The results of the research showed that 43%
of the whole students agreed that the use of internet to develop their reading habits, and 10%
of the whole students strongly agreed that the use of internet to develop their reading habits.
While there was only 15% of the students disagreed the use of internet to develop their
reading habits, and 2% of the whole students strongly disagreed that the use of internet to
develop their reading habits. So, it concluded that using internet to develop reading habits
was agreed by the majority of students especially in learning English