Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa
dan ketertarikan siswa mengenai belajar berbicara dengan menggunakan
pembelajaran berbasis proyek di SMA PSKD 7 Depok. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana respondennya
adalah 25 siswa kelas sepuluh di SMA PSKD 7 Depok dan siswa-siswa tersebut
terdiri dari tiga belas pria dan dua belas wanita. Data kuantitatif dianalisis dengan
menghitung skor pre-test siswa, post-test 1, dan post-test 2. Berdasarkan hasil data,
nilai rata-rata pre-test, post-test 1 di siklus 1, dan post-test 2 di siklus 2 yang masing-
masing adalah 49,12, 66,4, dan 70,08. Sedangkan pencapaian dari pre-test ke post-
test1 adalah 35,17%, dari post-test1 siklus 1 ke post-test 2 siklus 2 adalah 6.14%, dan
dari post-test 1 di siklus 1 ke post-test 2 siklus 2 adalah 43,48%. Sedangkan data
kualitatif berdasarkan wawancara dan lapangan-catatan untuk mendeskripsikan
peningkatan keterampilan berbicara siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa
pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa,
disarankan untuk menggunakan metode ini dalam mengajar keterampilan berbahasa.
Kata kunci: PTK, Pembelajaran berbasis proyek (PBL)./ The objectives of this research were to improve the students? speaking skill and
students? interest about learning speaking by using Project-based learning at SMA
PSKD 7 Depok. This research used classroom action research method in which the
subject was the 25 ten graders of SMA PSKD 7 Depok and the subjects consisted
thirteen males and twelve females. The quantitative data were analyzed by computing
the students? score of pre-test, post-test 1, and post-test2. Based on the data results,
the mean score of pre-test, post-test in Cycle1, and post-test Cycle2 were respectively
49.12, 66.4, and 70.08. The gain of pre-test to post-test1 was 35.17%, the gain of
post-test1in cycle 1 to post-test cycle 2 was 6.14%, and from the pre-test to post-test
2 in cycle 2 was 43.48%. Moreover, the qualitative data were describing based on
interview and field-note to describe the improvement of students? speaking skill. The
findings show that Project-based learning could improve the students? speaking skill,
it is suggested to use this method in teaching speaking skill.
Keywords: CAR, Project-based learning.