DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 117 Jakarta
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Dino, Paternus Surya
Subject
EDUCATION 
Datestamp
2019-11-19 03:27:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengurangi kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita terkhusus pada materi bangun ruang sisi datar sehingga tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. (2) Mengetahui letak-letak kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 117 Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kasus. Sampel yang digunakan sebanyak 5 siswa-siswi kelas VIII-1 SMP Negeri 117 Jakarta yang diambil secara Purposive Sampling atau diambil berdasarkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil Penelitian menunjukan (1) Adanya kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. (2) Siswa mengalami kesalahan-kesalahan dalam mengerjakan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. Adapun kesalahan-kesalahan itu berupa kesalahan konsep, menggunakan data, interpretasi bahasa, teknis dan penarikan kesimpulan di kelas VIII-1 SMP Negeri 117 Jakarta. Kata Kunci : kesulitan, letak kesalahan, Bangun ruang sisi datar. 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia