Abstract :
Era globalisasi memberikan pengaruh besar bagi pemasaran, sehingga perusahaan harus mampu mengenal dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Perusahaan harus mencari informasi mengenai apa yang diharapkan oleh konsumen dari suatu produk tersebut. Agar perusahaan dapat menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan calon konsumen. Maka seorang pemasar harus mampu mengidentifikasikan kebutuhan konsumen dengan mengembangkan produk yang berkualitas, menetapkan harga yang sesuai, dan mempromosikan produknya secara efektif dan perusahaan dapat memenangkan apa yang melandasi seorang konsumen dalam memilih produk, dalam hal ini minat beli seorang konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan iklan terhadap minat beli produk kecantikan Wardah pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia.
Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 74 responden yang sudah pernah / paling tidak satu kali menggunakan produk produk kecantikan Wardah dalam kurun waktu dari 6 bulan.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi, Y= -3.770 + 0.247X1 +
0.341X2 + 0.263X3. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk memiliki nilai thitung > ttabel (4.945 > 1.994) dan taraf sig 0.000 < 0.05. Variabel harga memiliki nilai thitung > ttabel (3.206 > 1.994) dan taraf sig 0.002 <
0.05. Variabel iklan memiliki nilai thitung > ttabel (7.511 > 1.994) dan taraf sig 0.000
< 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan iklan berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Berdasarkan ftabel sebesar 2.74. Nilai fhitung > ftabel yaitu 381.723 > 2.74. Hal ini berarti bahwa secara simultas terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk, harga, dan iklan terhadap minat beli produk kecantikan Wardah. Berdasarkan uji Determinasi (R2) sebesar 0.942 atau 94.2% dan sisanya 5.8% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini./ The era of globalization has a major influence on marketing, so companies must be able to recognize and know what the needs and desires of their consumers are. Companies must seek information about what consumers expect from a product. So that companies can create products that are in accordance with the wishes of potential consumers. So a marketer must be able to identify consumer needs by developing quality products, setting appropriate prices, and promoting their products effectively and companies can win what underlies a consumer in choosing a product, in this case a consumer's buying interest. This study aims to determine the effect of product quality, price, and advertising on buying interest in Wardah beauty products among students of the Faculty of Economics and Business, Indonesian Christian University.
Sampling using purposive sampling. The research data was obtained by distributing questionnaires to 74 respondents who had/at least once used Wardah beauty products within a period of 6 months.
The analysis used in this study is multiple linear regression analysis. The results obtained by the regression equation, Y= -3.770 + 0.247X1 + 0.341X2 +
0.263X3. The results of the study indicate that the product quality variabel has a value of tcount > ttable (4,945 > 1,994) and a sig level of 0.000 < 0.05. The price variabel has a value of tcount > ttable (3,206 > 1,994) and a sig level of 0.002 <
0.05. The advertising variabel has a value of tcount > ttable (7,511 > 1,994) and a sig level of 0.000 < 0.05. This shows that product quality, price, and advertising
have an effect on consumer buying interest. Based on ftable of 2.74. The value of fcount > ftable is 381.723 > 2.74. This means that simultaneously there is a significant influence between the variabels of product quality, price, and advertising on the buying interest of Wardah's beauty products. Based on the determination test (R2) of 0.942 or 94.2% and the remaining 5.8% is explained by other variabels outside this study.