Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LMS (Learning Management System) Berbasis Schoology pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar yang valid untuk siswa kelas VIII, mengetahui respon siswa terhadap LMS (Learning Management System) Berbasis Schoology pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar yang valid untuk siswa kelas VIII, mengetahui keefektifan LMS (Learning Management System) Berbasis Schoology pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar yang valid untuk siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mempersiapkan produk Schoology. Data penelitian berupa pre-test dan postest dalam bentuk essay yang diperoleh hasil pre-test 67 dan pos-test 87. Simpulan pada penelitian ini Perangkat Learning Management System (LMS) Berbasis Schoology pada materi bangun ruang sisi datar efektif digunakan untuk kegiatan pembelajarannya karena telah diuji keefektifannya pada uji coba terbatas dan uji lapangan utama.
Kata Kunci : Learning Management System, Schoology, Keefektifan.