Abstract :
Kebutuhan dan keinginan para konsumen selalu mengalami perubahan
seiring dengan perkembangan teknologi, pendidikan, dan sosial budaya. Perubahan
inilah yang selalu memengaruhi sistem pola konsumsi pada masyarakat. Oleh
karena itu untuk mengatasi perilaku pembelian konsumen yang sangat variatif,
maka perusahaan perlu sedini mungkin mengidentifikasi sikap konsumen atas
keputusan pembelian produk yang hasilnya dapat digunakan untuk merumuska n
strategi pemasaran yang tepat. Dalam era perdagangan bebas setiap perusahaan jasa
selalu menghadapi persaing yang ketat. Meningkatnya intensitas persaingan dan
jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kualitas
pelayanannya, serta keinginan perusahaan yang berusaha untuk memenuhi harapan
konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan dari pada
yang dilakukan oleh pesaing
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui signifikansi pengaruh dimens i
kualitas layanan yang terdiri dari berwujud (X1), kehandalan (X2), daya tanggap
(X3), jaminan (X4), dan empati (X5) berpengaruh secara simultan dan parsial
terhadap kepuasan konsumen di Saycheese Photobooth dan untuk mengetahui
indikator yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen di
Saycheese Photobooth. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang
menggunakan jasa photobooth dan dihitung menggunakan rumus slovin sehingga
diperoleh sampel penelitian sebanyak 60 responden dengan teknik proportional
random sampling.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa secara simultan (bersama-sama) Variabel kualitas dimensi layanan jasa,
kriteria berwujud (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan
empati (X5) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) di Saycheese
Photobooth Malang. Dengan persamaan regresi dari hasil analisis regresi berganda
:
Y= 2.720 + 0.079X1 + 0.102X2 + 0.127X3 + 0.272X4 + 0.162X5
secara parsial dapat diketahui bahwa kriteria jaminan (X4) berpengaruh dominan
terhadap kepuasan konsumen pada Saycheese Photobooth Malang di mana nilai
standardized coefficients terbesar dibandingkan dengan nilai indikator lainnya yaitu
0.000.