DETAIL DOCUMENT
Pengaruh kualitas layanan jasa terhadap kepuasan konsumen Saycheese Photobooth Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Karya
Author
Romano, Adolf
Subject
Kualitas layanan jasa 
Datestamp
2019-09-12 04:22:56 
Abstract :
Kebutuhan dan keinginan para konsumen selalu mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi, pendidikan, dan sosial budaya. Perubahan inilah yang selalu memengaruhi sistem pola konsumsi pada masyarakat. Oleh karena itu untuk mengatasi perilaku pembelian konsumen yang sangat variatif, maka perusahaan perlu sedini mungkin mengidentifikasi sikap konsumen atas keputusan pembelian produk yang hasilnya dapat digunakan untuk merumuska n strategi pemasaran yang tepat. Dalam era perdagangan bebas setiap perusahaan jasa selalu menghadapi persaing yang ketat. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kualitas pelayanannya, serta keinginan perusahaan yang berusaha untuk memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan dari pada yang dilakukan oleh pesaing Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui signifikansi pengaruh dimens i kualitas layanan yang terdiri dari berwujud (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen di Saycheese Photobooth dan untuk mengetahui indikator yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen di Saycheese Photobooth. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa photobooth dan dihitung menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 60 responden dengan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian menjelaskan bahwa berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara simultan (bersama-sama) Variabel kualitas dimensi layanan jasa, kriteria berwujud (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) di Saycheese Photobooth Malang. Dengan persamaan regresi dari hasil analisis regresi berganda : Y= 2.720 + 0.079X1 + 0.102X2 + 0.127X3 + 0.272X4 + 0.162X5 secara parsial dapat diketahui bahwa kriteria jaminan (X4) berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen pada Saycheese Photobooth Malang di mana nilai standardized coefficients terbesar dibandingkan dengan nilai indikator lainnya yaitu 0.000. 

Institution Info

Universitas Katolik Widya Karya