Institusion
Universitas Katolik Widya Karya
Author
Herlambang, Dimas Indrajati
Kurniawati, Lisa
Nurani, Maria Puri
Subject
Ledre Pisang
Datestamp
2020-11-24 04:22:41
Abstract :
Pisang merupakan salah satu tanaman hortikultura yang potensi
produksinya cukup besar di Indonesia. Ada dua jenis pisang yang ada di Indonesia,
yaitu jenis buah yang langsung dapat dimakan dan yang harus diolah terlebih
dahulu untuk bisa dimakan. Pengolahan pisang sangat banyak sekali dan salah satu
contohnya adalah makanan ringan yang dinamakan Ledre. Salah satu industri
pengolahan Ledre Pisang yang ada di Kota Malang adalah UD. Dua Putri Dewi.
Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang
ada di UD. Dua Putri Dewi dengan menggunakan Analisis SWOT sebagai metode
penelitian kali ini.
Dalam usaha ledre pisang UD. Dua Putri Dewi, hasil analisis menunjukan
bahwa masing-masing faktor pada strategi pemasaran memiliki nilai skor yang
bervariasi. Pada faktor kekuatan (Strength) ledre pisang UD. Dua Putri Dewi yaitu
rasa ledre pisang yang enak dengan skor 0,189. Faktor kelemahan (Weakness) yaitu
belum lengkapnya peraturan pelaksanaan pengelolaan produksi dan dana, termasuk
SOP (standar operasi dan prosedur) dengan skor 0,121. Faktor peluang
(Opportunity) yaitu dukungan pemerintah sangat berguna dengan skor 0,206.
Faktor ancaman (Threat) yaitu jumlah pesaing yang bertambah dan kompetitif
dengan skor 0,154.
Strategi pemasaran pada usaha UD. Dua Putri Dewi dengan menggunakan
analisis SWOT berada pada kuadran I yang merupakan strategi yang mendukung
strategi agresif. Pada posisi tersebut UD. Dua Putri Dewi berada pada situasi yang
dimana kekuatan yang memanfaatkan peluang. Dengan demikian, strategi yang
harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang
agresif (Growth Oriented Strategy).