Institusion
Universitas Katolik Widya Karya
Author
Nimanuho, Stephania Glorie Sunarti
Nurani, Maria Puri
Yudiono, Kukuk
Subject
Bauran Pemasaran
Datestamp
2020-11-24 05:14:53
Abstract :
Sayur merupakan bahan makanan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat
Indonesia, hal ini menjadi tantangan bagi pemasar untuk mendistribusikan
sayuran secara merata namun perlu diingat sifat sayur yang mudah rusak
membutuhkan penanganan khusus. Penanganan khusus umumnya dijumpai di
pasar modern, salah satunya adalah mini market. Pemasaran sayuran dapat
ditinjau melalui bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan tempat), yang
kemudian menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memutuskan membeli.
Mini market yang menjadi tempat penelitian adalah Toko Dapoer Qoe Buah dan
Sayur yang berlokasi di Perumahan Sawojajar. Jumlah sampel yang dibutuhkan
adalah 60 responden, yang merupakan konsumen sayuran yang membeli di mini
market tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability
sampling yaitu accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan
wawancara dan kuesioner. Kuesioner menggunakan pengukuran persepsi dengan
skala Likert. Data yang diperoleh kemudian diolah secara deskriptif dan statistik.
Uji statistik yang dilakukan adalah uji F dan uji t, dimana uji F untuk mengetahui
pengaruh variabel bauran pemasaran secara serentak terhadap keputusan
pembelian sayuran, dan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel bauran
pemasaran secara individu terhadap keputusan pembelian sayuran. Hasil uji
statistik menunjukkan jika uji F terdapat pengaruh signifikan variabel bauran
pemasaran secara serentak terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. 0,000
< 0,05. Hasil uji t terdapat pengaruh signifikan variabel tempat (sig. 0,000 < 0,05)
dan variabel harga (sig. 0,010 > 0,05), sedangkan tidak terdapat pengaruh
signifikan variabel produk (sig. 0,606 > 0,05) dan variabel promosi (sig. 0,156 >
0,05). Nilai koefisien determinasi sebesar 0,460.