DETAIL DOCUMENT
Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen sayuran di mini market (studi kasus di Toko Dapoer Qoe Buah dan Sayur, Perumahan Sawojajar, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Karya
Author
Nimanuho, Stephania Glorie Sunarti
Nurani, Maria Puri
Yudiono, Kukuk
Subject
Bauran Pemasaran 
Datestamp
2020-11-24 05:14:53 
Abstract :
Sayur merupakan bahan makanan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, hal ini menjadi tantangan bagi pemasar untuk mendistribusikan sayuran secara merata namun perlu diingat sifat sayur yang mudah rusak membutuhkan penanganan khusus. Penanganan khusus umumnya dijumpai di pasar modern, salah satunya adalah mini market. Pemasaran sayuran dapat ditinjau melalui bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan tempat), yang kemudian menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memutuskan membeli. Mini market yang menjadi tempat penelitian adalah Toko Dapoer Qoe Buah dan Sayur yang berlokasi di Perumahan Sawojajar. Jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 60 responden, yang merupakan konsumen sayuran yang membeli di mini market tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling yaitu accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Kuesioner menggunakan pengukuran persepsi dengan skala Likert. Data yang diperoleh kemudian diolah secara deskriptif dan statistik. Uji statistik yang dilakukan adalah uji F dan uji t, dimana uji F untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran secara serentak terhadap keputusan pembelian sayuran, dan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran secara individu terhadap keputusan pembelian sayuran. Hasil uji statistik menunjukkan jika uji F terdapat pengaruh signifikan variabel bauran pemasaran secara serentak terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Hasil uji t terdapat pengaruh signifikan variabel tempat (sig. 0,000 < 0,05) dan variabel harga (sig. 0,010 > 0,05), sedangkan tidak terdapat pengaruh signifikan variabel produk (sig. 0,606 > 0,05) dan variabel promosi (sig. 0,156 > 0,05). Nilai koefisien determinasi sebesar 0,460. 

Institution Info

Universitas Katolik Widya Karya