Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui anggaran penjualan sebagai alat untuk
mengoptimalkan penjualan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus
pada perusahaan PIA CAP MANGKOK dan jenis data yang digunakan penulis
adalah data kuantiatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hal ini dikarenakan permasalahan pada perusahaan
sebelum tahun 2015 adalah belum menyusun anggaran penjualan dan hanya
berdasarkan perkiraan saja. Dengan hanya memperkirakan jumlah penjualan dari
segi kuantitas dan dalam rupiah membuat perusahaan ini tidak dapat
mengoptimalkan penjualan dan laba yang diperoleh. Hal ini juga dapat
mengakibatkan pemborosan biaya produksi.
Hasil analisis dengan menyusun anggaran penjualan perusahaan dengan
metode least square, maka perusahaan dapat menganalisis analisis selisih dan
ramalan penjualan untuk lima tahun kedepan dan dapat mengoptimalkan laba
yang diperoleh.