Abstract :
Salah satu aspek yang patut diperhatikan dalam bidang usaha adalah
kreatifitas penciptaan store atmoshpere. Store atmosphere terdiri dari exterior,
interior display, store layout, dan general interior. Keputusan pembelian yang
dilakukan oleh konsumen sangat didukung dengan lingkungan toko yang membuat
konsumen tersebut merasa betah berada didalam toko, sehingga konsumen dapat
mempertimbangkan untuk membeli barang yang ditawarkan. Nimco Giant Store
adalah salah satu distro lokal yang berada di kota Malang, yang menjual berbagai
macam pakaian dengan kualitas yang baik dan dengan model berjiwa muda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Store Atmosphere
secara simultan terhadap keputusan pembelian, Pengaruh Store atmosphere secara
parsial terhadap keputusan pembelian dan elemen dari Store Atmosphere yang
berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Nimco Giant Store.
Jenis penelitian ini adalah explanatory. Sumber data penelitian ini adalah primer
dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah konsumen Nimco Giant Store Malang.
Sampel yang diambil sebanyak 50 orang dengan metode accidental sampling dan
alat analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel exterior (X1), general interior
(X2), store layout (X3), interior display (X4) secara simultan berpengaruh terhadap
keputusan pembelian (Y) dengan tingkat signifikan 0,016<0,05. Secara parsial
variabel exterior (X1), general interior (X2), store layout (X3), interior display
(X4) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan tingkat
signifikan >0,05 untuk semua variabel. Variabel yang berpengaruh dominan adalah
general interior (X2) dengan VIF beta 0,250.