Abstract :
Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin maju dan pesat. Persaingan
perusahaan yang terus terjadi, untuk mendapatkan hasil atau laba yang tinggi terus
dilakukan. Perlu adanya strategi yang efektif untuk mendapatkan hasil itu. Salah
satu strateginya yaitu dengan dilakukannya promotion mix. PT. Makmur Maju
Mantap Malang adalah usaha berbasis toko dengan menjual berbagai macam
merek keramik atau tegel untuk solusi pembangunan rumah. Dengan demikian
promotion mix sangat penting dalam memengaruhi keputusan konsumen untuk
membeli tegel pada PT. Makmur Maju Mantap Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui signifikansi
pengaruh promotion mix yang terdiri dari: periklanan (X1), promosi penjualan
(X2), penjualan personal (X3), hubungan masyarakat (X4), dan pemasaran
langsung (X5) secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian (Y)
tegel Asia Tile pada PT. Makmur Maju Mantap Malang. 2) Dan untuk mengetahui
unsur-unsur promotion mix yang berpengaruh dominan terhadap keputusan
pembelian tegel Asia Tile pada PT. Makmur Maju Mantap Malang. Jenis
penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini semua konsumen
yang membeli tegel merek Asia Tile pada PT. Makmur Maju Mantap Malang.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Menggunakan teknik accidental
sampling.Teknik Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promotion mix
yang terdiri dari periklanan (X1), promosi penjualan (X2), penjualan personal
(X3), hubungan masyarakat (X4), pemasaran langsung (X5) berpengaruh
signifikan secara simultan (nilai signifikansi F 0.000 <0.05) dan secara parsial
(nilai signifikansi T X1 0.011,X2 0.005,X3 0.021,X4 0.036,X5 0.020 < 0.05)
terhadap keputusan pembelian (Y) tegel Asia Tile pada PT. Makmur Maju
Mantap Malang. Variabel promotion mix yang berpengaruh dominan adalah
pemasaran langsung (X5) karena memiliki sumbangan efektif terbesar diantara
unsur-unsur promotion mix lainnya yaitu 22.2 %.