Institusion
Universitas Katolik Widya Karya
Author
D’Ardo, Maximilianus Tuslin
Sunik
Khamelda, Lila
Subject
Perencanaan Geometri
Datestamp
2020-11-16 03:55:45
Abstract :
Perencanaan jalan raya yang menghubungkan Wouma dan Wesakma, khususnya
perencanaan geometrik dan perkerasan lentur dapat menggunakan metode empiris.
Metode AASHTO 93 merupakan salah satu metode empiris yang dipakai dalam
perhitungan geometrik dan perkerasan lentur jalan raya. Perencanaan geometrik
jalan merupakan bagian dari perencanaan jalan yang dititik beratkan pada
perencanaan bentuk fisik sehingga dapat memenuhi fungsi dasar dari jalan yaitu
memberikan pelayanan yang optimum pada arus lalu lintas dan sebagai akses ke
rumah-rumah. Sedangkan perencanaan konstruksi lapisan perkerasan lentur dalam
penelitian ini untuk perkerasan baru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas
jalan yang sebelumnya merupakan lapisan macadam. Kondisi ruas jalan WoumaWesakma sangat memprihatinkan, dimana jalan ini masih berupa tanah bebatuan
yang menyulitkan masyarakat penguna jalan tersebut untuk melakukan kegiatan
perekonomian. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu direncanakan
peningkatan jalan dengan biaya yang efisien. Jenis jalan dari Wouma ke Wesakma
direncanakan berupa jalan arteri kelas II, lebar perkerasan 5m dengan kecepatan
rencana 50 km/jam, direncanakan 2 tikungan pada stationing 0+225 dan stationing
0+800. Perkerasan jalan Wouma - Wesakma menggunakan jenis perkerasan lentur
dengan ketebalan antara lain : lapisan surface = 9,17 inci, lapisan base = 1,21 inci,
lapisan subbase = 0,52 inci. RAB adalah suatu cara perhitungan harga satuan
pekerjaan konstruksi yang dijabarkan dalam perkalian kebutuhan bahan bangunan.
Untuk menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan dari pekerjaan yang
direncanakan, maka dibutuhkan data seperti item dan uraian pekerjaan, volume
pekerjaan koefisien, satuan, kebutuhan bahan, harga satuan, biaya. Perencanaan
jalan Wouma ? Wesakma dengan panjang 999,68 m memerlukan biaya untuk
pembelian bahan material sebesar Rp 192.133.672,35.