DETAIL DOCUMENT
Motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya pada siswa yang mengikuti program SPP-SKS di SMP negeri 1 Sedati
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Kresna Dwi Putri (STUDENT ID : kdputri304@yahoo.com)
Elisabet Widyaning Hapsari (LECTURER ID : ..)
Subject
Psychology 
Datestamp
2019-12-17 05:07:38 
Abstract :
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Dukungan sosial adalah suatu usaha individu dengan memberikan perhatian, penghargaan, dan bantuan kepada orang orang lain yang dicintai sehingga indvidu tersebut merasakan kenyamanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa yang mengikuti program SPP-SKS di SMP Negeri 1 Sedati. Siswa yang mengikuti program SPP-SKS ini memiliki IQ diatas 125 atau superior. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti program SPP-SKS semester 1 dan semester 3 yang berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total populasi dengan skala motivasi belajar dan skala dukungan sosial teman sebaya. Peneliti menganalisis data penelitian dengan teknik korelasi non-parametrik Kendall?s tau-b. Hasil penelitian menunjukkan nilai p sebesar 0,078 (p > 0,05)bahwa tidak ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa yang mengikuti program SPP-SKS di SMP Negeri 1 Sedati. Hal tersebut ada faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, seperti : kemampuan anak didik, cita-cita dan aspirasi anak didik. Selain itu, dukungan sosial teman sebaya tidak menjadi hal utama dalalm meningkatkan motivasi belajar siswa program SPP-SKS. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya