DETAIL DOCUMENT
Hambatan downward communication antara PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (GOJEK Indonesia, Jakarta) dengan mitra Gojek
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Jeremy Cahya Nugroho (STUDENT ID : jeremy.nugroho1998@gmail.com)
Yuli Nugraheni (LECTURER ID : 0630077303)
Theresia Intan Putri Hartiana (LECTURER ID : 0725058704)
Subject
Communication Science 
Datestamp
2020-01-08 01:45:06 
Abstract :
Penelitian ini membahas mengenai Hambatan Komunikasi Kebawah Antara PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia, Jakarta) dengan Mitra Gojek. Gojek merupakan perusahaan startup di Indonesia yang bergerak didunia teknologi. Segala jenis informasi disampaikan melalui media teknologi mereka, seperti Aplikasi Gojek, Website Gojek, dan lain sebagainya. Yang menjadi inti pada penelitian ini ialah hambatan downward communication pada mitra Gojek, karena pihak manajemen sudah memberikan peringatan dan larangan untuk driver yang melanggar aturan dari Gojek. Aturan tersebut ialah larangan untuk jual beli akun dan penggunaan GPS Tuyul. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif melalui survei, dan wawancara dengan driver untuk menambah informasi, kemudian kuesioner di tujukan pada driver Gojek di wilayah Jakarta. Sehingga didapatkan hasil yang diukur menggunakan enam indicator hambatan downward communication dan melihat hambatan yang terjadi pada driver Gojek seperti hambatan teknis, hambatan semantik, hambatan perilaku, hambatan struktur, hambatan jarak dan hambatan latar belakang. Pada penelitian ini tidak terdapat hambatan downward communication namun dapat dilihat bahwa pihak manajemen Gojek telah memanfaatkan media informasi dengan jenis informasi yang berbeda untuk mengurangi hambatan komunikasi. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya