Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Nita Rosita Sari (STUDENT ID : nitarosita28@gmail.com)
Brigitta Revia Sandy Fiesta (LECTURER ID : .)
Yuli Nugraheni (LECTURER ID : 2000.)
Subject
Communication Science
Datestamp
2020-01-08 02:18:07
Abstract :
Penelitian ini melihat bagaimana isi pesan promosi yang dilakukan OVO sebagai alat bertransaksi cashless. Penelitian ini berfokus pada fenomena isi
pesan promosi OVO di media sosial Instagram dalam menyampaikan pesan promosi OVO. Hal ini diangkat sebagai penelitian karena munculnya kompetitor OVO yang juga melakukan penyampaian pesan promosi di media Instagram serta bertambahnya jumlah pengguna OVO yang mengalami peningkatan yang signifikan. Analisis isi digunakan untuk
mengetahui gambaran dari isi pesan promosi yang dilakukan OVO. Objek penelitian ini adalah analisis isi pesan promosi. Subjek dalam penelitian ini adalah media sosial Instagram OVO dengan akun @ovo_id. Penelitian ini
menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, isi pesan promosi OVO menggunakan messages sidedness, order of presentations dan daya tarik pesan. OVO menggunakan struktur isi pesan one sided. Pada indikator Order of Presentation yaitu penyajian pesan promosi, OVO menggunakan penyajian pesan climax secara keseluruhan. Dalam teknik penyusunan pesan, pihak OVO menyusun pesan menggunakan penyusunan pesan recency. Dalam penarikan kesimpulan, OVO melakukan penarikan kesimpulan secara eksplisit. Dalam pesan promosi OVO. Daya tarik yang digunakan oleh pihak OVO dalam pesan promosinya yaitu daya tarik pesan secara rasional.