DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara self regulated learning dan stress akademik mahasiswa bidikmisi UKWMS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Veronika Patricia Halan (STUDENT ID : kecilvero@gmail.com)
Jaka Santosa Sudagijono (LECTURER ID : 711990386)
Subject
Psychology 
Datestamp
2020-04-30 03:09:51 
Abstract :
Stres akademik adalah stres yang biasa terjadi pada mahasiswa. Menurut Taylor stres akademik adalah stres adalah pengalaman yang bersifat negatif yang berasal dari perubahan biokimia, fisiologis, kognitif, dan perilaku yang dapat diprediksi untuk mengubah keadaan yang membuat stress atau menyesuaikan dengan efek stresnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres akademik mahasiswa adalah self regulated learning. Self regulated learning adalah suatu proses pengaturan diri dan strategi yang melibatkan metakognisi, motivasional dan behavioral dalam mengoptimalkan proses pembelajaran (Zimmerman,1990). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa erat hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik pada mahasiswa bidikmisi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Metode yang dipakai adalah metode kuantitatif dengan Skala Stres Akademik dan Skala self regulated learning yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Mahasiswa bidikmisi yang menjadi responden dalam penelitian ini sebanyak 41 orang. Analisis data dilekukan dengan teknik non parametrik Kendall?s Tau-b menggunakan program statistik SPSS versi 16. Hasil analisis diperoleh rxy= 0,015 dengan p= 0,829 (p> 0,05) bahwa self regulated learning tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan stres akademik. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya