DETAIL DOCUMENT
Perbedaan self regulated learning pada siswa SMPK Angelus Custos I berdasarkan jenis kelamin
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Febellin Navylina Watung (STUDENT ID : febbywatung11@gmail.com)
Florentina Yuni Apsari (LECTURER ID : ..)
Subject
Psychology 
Datestamp
2020-01-13 06:59:28 
Abstract :
Self regulated learning merupakan cara individu dalam melakukan pengaturan diri yang melibatkan pikiran, perasaan dan perilaku guna mencapai tujuan belajarnya. Siswa yang memiliki self regulated learning yang tinggi cenderung melakukan evaluasi, menjaga motivasi, menyusun rencana, dan strategi belajarnya, serta berinisiatif mencari informasi mengenai materi pelajaran jika mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan self regulated learning pada siswa SMPK Angelus Custos 1 berdasarkan Jenis Kelamin. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan kelas VIII (N= 154). Penelitian sampel penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala self regulated learning yang dibuat oleh peneliti. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji beda non-parametric U Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan nilai p=0,000 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara self-regulated learning siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMPK Angelus Custos 1, dimana self-regulated learning siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya