DETAIL DOCUMENT
Penerimaan perempuan Indonesia mengenai kecantikan beragam dalam iklan Dove, Clean & Clear, dan Make Over
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Evelina Witanama (STUDENT ID : evelinawitanama007@gmail.com)
Nanang Krisdinanto (LECTURER ID : 1.)
Theresia I.P. Hartiana (LECTURER ID : 2502.)
Subject
Communication Science 
Datestamp
2020-02-06 10:55:25 
Abstract :
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penerimaan perempuan Indonesia mengenai konsep kecantikan beragam yang ditawarkan dalam iklan Dove, Clean & Clear, dan Make Over. Konsep kecantikan beragam yang dimaksud di sini ialah konsep kecantikan yang menganggap setiap perempuan memiliki kecantikannya masing-masing dan menolak untuk menstandarkan ciri-ciri fisik tertentu, sebagaimana yang selama ini dipandang telah menindas kaum perempuan. Dengan menggunakan metode Reception Analysis dalam perspektif encoding decoding yang dikemukakan Stuart Hall, peneliti membagi posisi subjek menjadi pembacaan makna dominant hegemonic positions (menerima dan sepakat menganut secara utuh ideologi kecantikan beragam), negotiated positions (sepakat dengan ideologi kecantikan beragam tetapi dalam satu dua kasus masih tidak menerapkan), dan oppositional positions (menolak atau mengubah makna pesan kecantikan beragam yang disampaikan iklan). 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya