DETAIL DOCUMENT
Pengembangan lembar kerja peserta didik model Inkuiri terbimbing pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar di SMA Hang Tuah 4 Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Laurentia Angela Rosvita (STUDENT ID : angelarosvita@gmail.com)
Herwinarso . (LECTURER ID : ..)
Subject
Physic Education 
Datestamp
2020-01-23 06:15:18 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-signDevelopment-Implement-Evaluation). Selain LKPD, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. RPP, LKPD, dan RE divalidasi oleh ahli sebelum diuji cobakan. Berdasarkan hasi validasi yang dilakukan RPP, LKPD,dan RE berkategori sangat valid dengan skor masing-masing yaitu 3.65, 3.47, dan 3.52 (skor maksimal: 4.00).Pengujian dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Keterampilan proses sains memperoleh skor rata-rata 2,91 dengan kategori ?Baik?. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,60 dengan kategori ?Sangat Baik?. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,69 dengan kategori ?Sedang? dan respon peserta didik adalah 89,71% dengan kategori ?Sangat Baik?. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dapat melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya