Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Kristo Paoloan Mancit (STUDENT ID : kristopaoloan93@gmail.com)
G. Budijanto Untung (LECTURER ID : ..)
Subject
Physic Education
Datestamp
2020-01-23 03:47:00
Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPK Santa Agnes Surabaya. Perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik dan Rencana Evaluasi yang telah melewati uji ahli dan telah diujicobakan kepada 27 peserta didik Kelas VIII B SMPK Santa Agnes Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Thiagarajan, dkk, 1974). Model 4-D meliputi define, design, development, disseminate. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah dievaluasi oleh ahli. Skor hasil validasi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Rencana Evaluasi, masing-masing adalah 3.33, 3.34, 3.35, 3.30, dan 3.25, seluruhnya dapat dikategorikan memiliki kualitas yang baik. Nilai rata-rata N-gain dari membandingkan pre-test dan post-test adalah 0,70, yang dapat diinterpretasikan sebagai peningkatan sedang. Berdasarkan isian kuesioner, peserta didik memberikan respon sangat positif pada implementasi STAD dalam pembelajaran fisika. Rata-rata 87.25% respon peserta didik adalah positif. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji lapangan, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mendapatkan respon sangat positif dari para peserta didik.