Abstract :
ABSTRAK
Mentari, Lafrida lubis. 2019, “ Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Xi Sma Pada
Konsep Sistem Respirasi Pada Manusia Dengan Menggunakan Three-Tier Test
Biologi Di Sma Swasta Persiapan Aek Nabara Tahun Pembelajaran2018/2019 “.
Rantauprapat: sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan (STKIP)
Labuhanbatu.
Miskonsepsi pada biologi dapat bersumber dari buku ajar yang memuat
uraian materi yang salah, Miskonsepsi juga dapat menjadi penghalang dalam
memahami materi-materi biologi sehingga dapat memicu adanya miskonsepsi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui miskonsepsi dalam mata pelajaran sistem
respirasi pada manusia pada materi organ-organ pernapasan di kelas XI SMA
Swasta Persiapan Aek Nabara. Metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan
kualitatif, populasi penelitian 70 siswa dengan sampel 35 siswa, dengan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes
diagnostik. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis, berbentuk pilihan ganda
(multiple choice) dengan jumlah soal 20 butir.Teknik analisis data dengan
menggunakan skala Certainty of Response Index) (CRI). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadi mis konsep sipada materi organ pernapasan manusia
terutama pada organ faring dan laring, Siswa menjawab benar tetapi tidak tahu
konsep sebesar ( 2,20%) dan benar dengan tahu konsep ( 4,57 %), selain itu
dengan adanya buku ajar yang memuat uraian materi yang salah, serta metode
pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Kata Kunci : miskonsepsi, organ pernapasan, siswa