Abstract :
ABSTRAKFazrin Aulia, 2019†Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Di SMPNegeri 1 Kampung Rakyat Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Ajaran 2018-2019 “ Skripsi. Rantauprapat : Fakultas Keguruan DanIlmu Pendidikan Labuhanbatu (FKIP)Labuhanbatu. Orang tua merupakan pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anaknya. Keutamaan yang ada pada diri orang tua bukan saja sebagai petunjuk jalan dan bimbingan, tetapi mereka adalah contoh bagi anak-anak nya. Dengan demikian orang tua dituntut untuk mengarahkan, menuntun, membimbing dan menentukan masa depan anak-anak nya, Sehingga peran aktif orang tua juga sanggat diperlukan bagi keberhasilan anak-anak disekolah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak SMP Negeri 1 Kampung RakyatKecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Waktu penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kampung Rakyat Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada bulan April sampai Juni 2019. Data primer yang diproleh melalui wawancara langsung dengan orang tua siswa. Dan data sekunder yang diproleh berdasarkan dari fakta , rekaman, data bentuk teks, dokumen, data bentuk gambar dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar pada anak sangatlah penting dan memiliki peran tinggi dalam memotivasi anak untuklebihrajin dalam belajardengan selalu memberikan arahan, dukungan, memberikan les tambahan, mengatur waktu dalam belajar, menemani dan membantuanak ketika sedang belajar, dan memberikan perhatian lebih kepadaanak walaupun sibuk dalam bekerja dengan berkominikasi dengan pihak sekolah untuk mengetahui kemajuan anak disekolah. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa orang tua yang selalu memberikan perhatian kepada anaknya terutama pada saat anak belajar dirumah meskipun anak sudah mulai dilatih untuk belajar mandiri, orang tua juga tetap memperhatikan dan mendampingi anak saat belajar. Selain untuk memantau juga dapat memudahkan anak untuk bertanya atau meminta pedapat orang tuanya jika mendapakan kesulitan-kesulitan dalam belajarya.Kata Kunci: Peran Orang Tua, Prestasi Belajar, Anak