Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan representasi beragam (MR) siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write(TTW);dan (2) Untuk Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan siswa dalam representasi beragam (MR) matematika dan penyelesaian soal setelah menggunakan pembelajaran dengan strategi Think-Talk-Write(TTW). Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi Metematika kelasVIII. Sampel yamg digunakan adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri3 Kampung Rakyat, Teluk Panji 2.Tes awal hasil belajar siswa dengan menggunakan Think Talk Write dengan rata-rata sebesar 59,86 dan simpangan baku sebesar 14,32 dan tes akhir Hasil belajar siswa dengan menggunakan Think Talk Writedengan rata-rata sebesar 73,93 dan simpangan baku sebesar 10,48 yang berarti ada peningkatan dalam hasil belajar siswa sebesar 14,07. Dari pengujian hipotesis terdapat peningkatan kemampuan representasi matematika siswa dengan menggunakan strategi Think Talk Write.Oleh karena itu, perlunya strategi Think Talk Write dalam meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa.Kata Kunci:Think, talk, write,meningkatkan,representasi