DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED
Total View This Week10
Institusion
UNIVERSITAS LABUHAN BATU
Author
ANGGRAINI, EKA
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2020-01-20 06:22:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar matematika siswa yang signifikan antara proses belajar mengajar dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan model pembelajaran Open Ended. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Two Group Randomized Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA pada semester genap Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan sampel yaitu kelas VII-1 sebanyak 23 siswa dan VIII-5 sebanyak 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket minat belajar siswa. Data dianalisis dengan Uji homogenitas dan normalitas dengan bantuan software SPSS 16. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata pada angket minat belajar matematika siswa yaitu dengan nilai signifikan 0,00. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji ANOVA dengan hasil signifikan 0,00 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Matematika Realistik dan model pembelajaran Open Ended terhadap minat siswa. Minat belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran matematika realistik (PMR) lebih tinggi yaitu dengan memperoleh nilai Mean 37,78 sedangkan minat belajar matematika siswa yang menggunakan metode Open Ended memperoleh nilai Mean 13,69. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik (PMR),Open Ended, Minat Belajar 
Institution Info

UNIVERSITAS LABUHAN BATU