DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL FILM KARTUN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII
Total View This Week55
Institusion
UNIVERSITAS LABUHAN BATU
Author
ANDRIANI, TUTI
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2020-01-20 06:19:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran audio visual film kartunmatematika di SMP SwastaPemdaRantauprapat. Bentuk desain pre-eksperimen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Berdasarkan 2 kelas yang ada di SMP Swasta Pemda Rantauprapat, satu kelas akan menjadi kelas eksperimen sebanyak 30 orang yang berasal dari kelas VIII-B SMP Swsta Pemda Rantauprapat. Adapun metode yang digunakan peneliti dalam teknik pengumpulan data berupa kuesioner atau angket digunakan untuk mengukur tingkat minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika dengan menerapkan media pembelajaran audio visual film kartun matematika. Hasil penelitian setelah mengumpulkan data melalui angket hasil yang didapat adalah untuk kategori tinggi berjumlah 18 siswa dan untuk kategori rendah mendapatkan 12 siswa. Dan untuk kategori rendah hasilnya 0. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual film kartun matematika pada materi bangun ruang memiliki tampilan yang menarik dan menyenangkan karena terdapat gambar, animasi dan suara. Hal ini juga menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual film kartun matematika ini dapat membantu memahami materi. Maka dari penjabaran tersebut dapat dilihat peningkatan terdahap minat belajar matematika siswa melalui media pembelajaran audio visual film kartun matematika. Karena dari hasil kategori yang didapat per siswa memiliki kategori tinggi jauh lebih banyakKata kunci :minat belajar matematika siswa, media pembelajaran audio visual film kartun matematika. 
Institution Info

UNIVERSITAS LABUHAN BATU