Abstract :
Penelitian ini bertujuan 1). untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang diajar melalui model pembelajaran koopratif tipe TTW (Think Talk Write) dengan NHT (Number Head Together), dan 2). untuk mengetahui bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah dalam pembelajaran koopratif tipe TTW (Think Talk Write) dengan NHT (Number Head Together). Jenis penelitian ini adalah komparatif dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 2 Rantau Utara yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah seluruh populasi adalah 266 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang berjumlah 60 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster Random Sampling, yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 29 siswa dan kelas VIII-3 yang berjumlah 28 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes prestasi matematika siswa dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal. Dalam rata-rata post-test pada kelas TTW sebesar 59,55 dengan kriteria tinggi dengan persentasi kenaikan sebesar 52%dan memiliki standar deviasi sebesar 4,24. Sedangkan rata-rata post-test pada kelas NHT sebesar 54,21 dengan kriteria tinggidengan persentasi kenaikan sebesar 47%dan memiliki standar deviasi sebesar 4,52. Pada hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,643 > 2,0040 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 55. Dengan demikian Ho ditolak berarti terdapat perbedaan prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2018/2019 yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dengan NHT (Number Head Together). Hasil rata-rata post-test juga menunjukkan bahwa rata-rata kelas TTW yaitu 59,55 dengan kriteria tinggi dan NHT 54,21 dengan kriteria tinggi. Oleh karena itu model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) lebih baik digunakan dari pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) untuk meningkatkan prestasi matematika siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together), Prestasi