Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
ALAN CAHYA, NIM. 132016028
Subject
Elektronika
Datestamp
2020-09-07 02:35:05
Abstract :
Permainan lempar bola memiliki popularitas yang sangat tinggi di Indonesia.
Banyak pusat pelatihan mengembangkan metode pelatihan ini, Karena pelatihan
permainan lempar bola sangat membantu proses pelatihan para atlit. Dalam
penelitian yang akan dilakukan yakni perancangan sistem berupa perancangan
aplikasi permainan lempar bola. Pada setiap papan lemparan dipasang sensor
Piezoelektrik yang dapat mendeteksi adanya bola yang mengenai papan, yang
selanjutnya dapat memberikan data berapa banyak lemparan yang mengenai
papan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan dan memanfaatkan serta
menguji karakteristik komponen elektronik sederhana (sensor piezoelektrik) untuk
mendeteksi getaran lemparan bola. Dalam metode penelitian ada empat tahap
yaitu : 1)Hardware dan Software, 2)Perancangan, 3)Programan, dan 4)Pengujian.
Hasil pengujian menunjukan bahwa respon pengujian yang paling cepat terjadi
pada pengujian papan a dan papan b dengan jarak 10 meter yang di monitoring
oleh smartphone pada waktu 0,3 detik. Respon pengujian yang paling lambat
terjadi pada papan a dan papan b dengan jarak 30 meter yang di monitoring oleh
smartphone pada waktu 0,7 detik sedangkan Jarak terjauh yang dapat diraih dalam
pengujian sistem smartphone adalah 30 meter.