DETAIL DOCUMENT
APLIKASI PERMAINAN LEMPAR BOLA BERBASIS ARDUINO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
ALAN CAHYA, NIM. 132016028
Subject
Elektronika 
Datestamp
2020-09-07 02:35:05 
Abstract :
Permainan lempar bola memiliki popularitas yang sangat tinggi di Indonesia. Banyak pusat pelatihan mengembangkan metode pelatihan ini, Karena pelatihan permainan lempar bola sangat membantu proses pelatihan para atlit. Dalam penelitian yang akan dilakukan yakni perancangan sistem berupa perancangan aplikasi permainan lempar bola. Pada setiap papan lemparan dipasang sensor Piezoelektrik yang dapat mendeteksi adanya bola yang mengenai papan, yang selanjutnya dapat memberikan data berapa banyak lemparan yang mengenai papan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan dan memanfaatkan serta menguji karakteristik komponen elektronik sederhana (sensor piezoelektrik) untuk mendeteksi getaran lemparan bola. Dalam metode penelitian ada empat tahap yaitu : 1)Hardware dan Software, 2)Perancangan, 3)Programan, dan 4)Pengujian. Hasil pengujian menunjukan bahwa respon pengujian yang paling cepat terjadi pada pengujian papan a dan papan b dengan jarak 10 meter yang di monitoring oleh smartphone pada waktu 0,3 detik. Respon pengujian yang paling lambat terjadi pada papan a dan papan b dengan jarak 30 meter yang di monitoring oleh smartphone pada waktu 0,7 detik sedangkan Jarak terjauh yang dapat diraih dalam pengujian sistem smartphone adalah 30 meter. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palembang