DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KELILING BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 1 PANCAWARNA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
MUHAMMAD REZA ADI ANSYAH, NIM. 332015021
Subject
Matematika Statistik 
Datestamp
2020-09-07 06:25:26 
Abstract :
ABSTRAK Ansyah, Muhammad Reza Adi 2020. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Keliling Bangun Datar di Kelas IV SD Negeri 1 Pancawarna. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I). Drs. Sunardi, M.Pd., Pembimbing (II). Muslimin, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah pembelajaran masih menggunakan metode konvensional serta pembelajaran matematika bersifat abstrak, monoton, dan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui bagaiman pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi keliling bangun datar di kelas IV SD Negeri 1 Pancawarna. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen.. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Pancawarna dengan populasi penelitian adalah seluruh kelas IV tahun ajaran 2019/2020 yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas IV.A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol yang di tentukan dengan teknik simple random sampling dengan cara melakukan pengundian yang didampingi oleh guru kepala sekolah. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik di kelas IV.A yang berjumlah 28 siswa mendapat nilai rata-rata = 78,393 dan simpangan baku . Sedangkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas IV.B yang berjumlah 28 siswa mendapat nilai rata-rata = 66,857 dan simpangan baku adalah . Berdasarkan analisis hasil perhitungan uji t untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan maka diperoleh harga dan dengan dan taraf signifikan ini berarti berada dalam daerah penolakan , yang artinya diterima. Dengan hipotesis yang menyatakan ?ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi keliling bangun datar di kelas IV SD Negeri 1 Pancawarna?, diterima kebenarannya. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palembang