DETAIL DOCUMENT
STUDI KASUS KELONGSORAN RUAS JALAN LAHAT-SP AIR DINGIN KM 222+850 MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
M. Irfan Saputra, NIM. 112014169
Subject
Teknik Fondasi 
Datestamp
2020-07-18 04:03:54 
Abstract :
STUDI KASUS KELONGSORAN RUAS JALAN LAHAT-SP AIR DINGIN KM 222+850 MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA Intisari Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi pada musim hujan. Seperti pada ruas jalan lahat-Sp air dingin km 222+850, yang merupakan jalan lalu lintas yang selalu dilalui banyak kendaraan. Curah hujan yang tinggi menyebabkan tanah menjadi jenuh air kedalam porinya sehingga air pori akan naik yang mengakibatkan kuat geser tanah menjadi kecil sehingga tanah menjadi labil dan rawan terjadi longsor di ruas jalan lahat-Sp air dingin km 222+850. Salah satu analisa stabilitas lereng yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan kelongsoran ini adalah menggunakan metode elemen hingga yaitu dengan menggunakan program komputer plaxis 8.2 yang digunakan untuk perhitungan kondisi awal maupun perhitungan permodelan penanganan kelongsoran berupa dinding penahan tanah. Sebagai bukti benar terjadi kelongsoran maka dilakukan perhitungan kondisi awal menggunakan plaxis 8.2 dan diperoleh nilai SF < 1,5 selain itu juga dilakukan perhitungan permodelan untuk penanganan kelongsoran menggunakan plaxis 8.2 dan didapatkan nilai SF yaitu >1,5. Dimensi dinding penahan tanah yang telah direncanakan dapat diaplikasikan dilapangan agar kelongsoran tidak terulang kembali. Kata kunci : Kelongsoran, Metode elemen Hingga, Ruas Jalan Lahat-SP Air Dingin KM 222+850, plaxis V8.2. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palembang