DETAIL DOCUMENT
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONTRASI DI SDN 22 PULAU RIMAU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
NUR HIDAYATI, NIM. 622017047P
Subject
Metode dan Sistem Pendidikan 
Datestamp
2020-08-18 02:05:55 
Abstract :
Skripsi ini dilatar belakangi oleh materi Fiqih yang kurang diminati peserta didik, metode pembelajaran yang diterapkan kurang efektif, dan waktu yang diberikan untuk pembelajaran Fiqih sangat sedikit sekali. Akibatnya, peserta didik akan mengalami kesulitan pada proses belajarnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam menerapkan metode demonstrasi di SDN 22 Pulau Rimau? 2) Bagaimanakah peningkatan belajar siswa setelah diterapkan metode demonstrasi di SDN 22 Pulau Rimau? Tujuan penelitian ini adalah: a) Untuk mengetahui menerapkan upaya guru pendidikan agama islam dalam metode demontrasi di SDN 22 Pulau Rimau. b) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode demontrasi di SDN 22 Pulau Rimau sebagai upaya peningkatan hasil belajar materi shalat berjamaah mata pelajaran Fiqih Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan di SDN 22 Pulau Rimau. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih materi shalat berjamaah di kelas V SDN 22 Pulau Rimau yang jumlahnya ada 25 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan cara studi dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode demonstrasi mata pelajaran fiqih. Pada tahap pra siklus terdapat 5 (25,02 %) peserta didik yang tuntas, pada siklus I terdapat 14 (68,06 %) siswa yang tuntas, dan pada siklus II terdapat 23 (90,32 %) peserta didik yang tuntas. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode demonstrasi 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palembang