Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
ERVI APRILIANA, NIM. 342014005
Subject
Biologi
Datestamp
2020-08-31 00:29:10
Abstract :
Apriliana, Ervi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi Darah Kelas XI di
SMA Negeri 3 Palembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program
Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Palembang. Pembimbing (I) Drs. Suyud Abadi, M.Si. Pembimbing (II) Rindi Novitri
Antika, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Berpikir kritis, model problem solving, sistem sirkulasi darah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem
solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem sirkulasi darah
kelas XI di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Rancangan penelitian adalah Quasi experimen dengan desain penelitian
Non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI di sekolah SMA Negeri 3 Palembang tahun ajaran 2018/ 2019 yang
berjumlah 284 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI
MIPA 8 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7
yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data
adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Setelah dianalisis diketahui bahwa
model pembelajaran problem solving berpengaruh secara signifikan terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data pre-test dan
data pos-test kelas eksperimen dihitung menggunakan program SPSS 16.0 dengan
nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha dinyatakan diterima, maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi sistem sirkulasi darah di SMA
Negeri 3 Palembang