Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
Yeni Ismawati, NIM. 342014006
Subject
Fisiologi
Datestamp
2020-08-22 03:01:38
Abstract :
vi
ABSTRAK
Ismawati, Yeni. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Penyusun
Jaringan pada Sistem Ekskresi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program
Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Kholillah, M.M. (II) Hj. Ade Kartika, S.Pd.
M.Si.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Sistem Ekskresi, hasil
belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMAN 1
Semendawai barat. Saat ini guru harus menciptakan kondisi belajar yang
menyenangkan bagi para siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru perlu
menggunakan model pembelajaran yaitu discovery learning yang berpotensi
meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dengan materi dan mendorong siswa
lebih bertanggung jawab, sehingga menjadikan siswa lebih aktif. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery
learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Semendawai Barat.
Penelitian ini merupakan salah satu penelitian kuantitatif yang menggunakan
rancangan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Desain penelitian ini menggunakan
non equivalen control grup design (desain kelompok kontrol non-equivalen).
Berdasarkan analisis hasil perhitungan uji-t tidak berpasangan diperoleh bahwa nilai
thitung sebesar 6,146 sementara df (derajat bebas) sebesar 60 maka nilai ttabel sebesar
17.356 dan nilai signifikansinya adalah 0,000. Jadi 6,146 > 17,356 artinya Ha
diterima karena nilai thitung > ttabel dengan nilai probabilitas (sign.) 0,000 < 0,05. Maka
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery
learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Semendawai
Barat pada materi sistem ekskresi. Berdasarkan nilai rata-rata siswa yang
menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 85,54 lebih besar
dibandingkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76,24.