DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN BIG DATA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SORONG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sorong
Author
Hasriani, Hasriani
Subject
J General legislative and executive papers 
Datestamp
2024-06-11 07:33:22 
Abstract :
ABSTRAK Hasriani. NIM. 20193622002. Penggunaan Big Data Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sorong ( Dibimbing oleh Bapak Kamaluddin dan Bpk Arie Purnomo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan manfaat penggunaan Big Data dalam pelayanan publik e-KTP di Disdukcapil Kota Sorong serta potensi dan berkembangan dan berbaikan lebih lanjut dari sistem pelayan publik e-KTP dengan pemanfaatan Big Data. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan keabsahan data dijaga melalui uji kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Big Data telah meningkatkan efisiensi dalam pelayanan e-KTP dengan proses pengurusan yang lebih cepat dan efisien. Data e-KTP yang terpusat dan terintegrasi dengan baik telah menghasilkan keakuratan data yang tinggi. Kerjasama lintas sektor telah memungkinkan pertukaran informasi yang diperlukan dan meningkatkan akurasi data. Analisis Big Data membantu memahami profil penduduk dan kebutuhan layanan, serta meningkatkan akses pelayanan. Penggunaan Big Data juga memberikan manfaat signifikan bagi pemerintah, termasuk efisiensi administrasi, pengambilan keputusan berbasis data, dan optimalisasi sumber daya. Pengurusan e-KTP hanya boleh dilakukan secara langsung oleh pemohon, kebijakan ini untuk membantu mengurangi biaya operasional. Manfaat bagi masyarakat yaitu pelayanan yang lebih cepat, kemudahan akses, dan pembaruan data online, meskipun pelayanan e-KTP online belum sepenuhnya diterapkan. Keamanan identitas juga terjaga dengan baik, meskipun ada kekhawatiran terkait keamanan data pribadi dalam situasi tertentu, seperti penggunaan e-KTP sebagai jaminan pinjaman online. Peningkatan kualitas pelayanan terlihat dari penurunan jumlah keluhan masyarakat, meskipun masih ada keluhan terkait antrian dan proses pengurusan yang kadang lambat. Upaya perbaikan terus dilakukan oleh petugas, termasuk pengenalan e-KTP digital. Namun, perlu adanya upaya untuk mensosialisasikan inovasi ini kepada masyarakat. Penggunaan big data dalam pelayanan e-KTP oleh Disdukcapil Kota Sorong memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi, keamanan data, dan kepuasan masyarakat melalui integrasi data yang akurat, analisis mendalam, dan peningkatan pelayanan online. Kata Kunci : Big Data, Pelayanan Publik, e-KTP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sorong