DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA SORONG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sorong
Author
IBRAHIM RUMASILAN, IBRAHIM RUMASILAN
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2024-07-19 06:14:42 
Abstract :
ABSTRAK Nama : Ibrahim Rumasilan Program Studi : Pendidikan Matematika Judul : Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Sorong. Sorong, Pembimbing 1. M. Ruslan Layn. S.pd.,M.pd 2. Rahmatullah Bin Arsyad. S.pd.,M.pd Penelitian yang berjudul ?penerapan strategi pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII SMP negeri 7 kota sorong?bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika dikelas VII SMP negeri 7 kota sorong setelah penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vll SMP Negeri 7 Kota Sorong yang berjumlah 20 siswa dan 1 guru pengampu pada mata pelajaran matematika. Hasil belajar siswa diukur menggunakan berbagai instrument. Penilaian pengetahuan siswa dilakukan menggunakan tes soal, selain itu peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini dilakukan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) sangat membantu dalam menigkatkan hasil belajar siswa. Dikarenakan siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan siswa akan menjadi lebih aktif. Model pembelajaran problem based learning (PBL) sangat berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning, hal ini dapat di lihat dari hasil observasi yang peneliti lakukan dari siklus I dan siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang didapat setiap siklusnya, setelah dilakukannya tindakan siklus I nilai rata-rata siswa 66,75 dengan jumlah siswa yang berhasil 11 siswa (55%) dan selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 79,5 dengan jumlah siswa yang berhasil 19 siswa dari 20 siswa (95%). Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran matematika. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sorong