DETAIL DOCUMENT
PEMILIHAN JASA PENGIRIMAN BARANG BERDASARKAN COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN METODE SAW
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sorong
Author
SYAIFUL AKBAR WATTIHELU, SYAIFUL AKBAR WATTIHELU
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2024-08-27 05:39:08 
Abstract :
SYAIFUL AKBAR WATTIHELU, 202026201024, ?PEMILIHAN JASA PENGIRIMAN BARANG BERDASARKAN COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN METODE SAW. (dibimbing oleh Mohammad Arief Nur Wahyudien, S.T., M.T. dan Siti Nur Kayatun, S.T., M.T). Jasa pengiriman barang merupakan unsur penting didalam mendukung situs jual beli online. Setiap tahun, angka pengguna internet di Indonesia semakin bertambah nilainya. Hal ini sejalan dengan perubahan paradigma masyarakat yang lebih suka berbelanja secara online, dimana hal ini dapat mengefisienkan waktu, harga barang yang kompetitif antara penjual yang satu dengan yang lain. Masyarakat dapat memilih jenis layanan yang akan menjadi pertimbangan pilihan, pemilihan jasa pengiriman barang sangatlah penting dan harus sesuai dengan kriteria dan kategori jasa pengiriman yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memilih jasa pengiriman berdasrkan Costumer Relationship Management dengan pendekatan 5 W+1H dan mengetahui penerapan Simple Additive Weighting (SAW) untuk pemilihan jasa pengiriman terbaik sebagai solusi untuk Mempermudah para pengguna online shop dalam memilih jasa pengiriman. Berdasarkan pengumpulan data, didapatkan hasil akhir berupa jasa pengiriman terbaik adalah JNE dengan jumlah pemakai jasa pengiriman sebesar 46 responden dan hasil akhir terbesar yakni 1. Setelah itu, jasa pengiriman J&T dimana jumlah pemakai jasa pengiriman sebanyak 44 responden dengan hasil akhir sebesar 0.94490. Jadi, berdasarkan analisis data yang menggunakan metode Simple Additive Weighting adalah jasa pengiriman yang terbaik sesuai dengan kriteria adalah JNE. Kata Kunci: Jasa Pengiriman Barang, Costumer Relationship Management, Simple Additive Weighting 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sorong