Institusion
Universitas Muhammadiyah Sorong
Author
MUHAMMAD ALIF WIRA, MUHAMMAD ALIF WIRA
Subject
ZA4050 Electronic information resources
Datestamp
2024-10-03 02:02:07
Abstract :
Pengenalan lingkungan kampus menjadi salah satu hal yang penting bagi tiap
mahasiswa untuk mengenali lingkungan kampus yang akan mereka gunakan untuk
belajar nantinya. Namun, terdapat permasalahan dalam pengenalan lingkungan
kampus secara online pada tahun 2020, yang dinilai tidak efektif dalam
penyampaian materi dan dianggap membosankan bagi partisipan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dalam user research, partisipan merasa bosan dengan
pengenalan lingkungan kampus secara online, dan lebih memilih media alternatif
seperti game untuk pengenalan lingkungan kampus. Metode analisis naratif juga
digunakan, dan hasilnya menunjukkan bahwa Generasi Z (Gen Z) memiliki minat
yang tinggi dalam bermain game. Melalui user validation dan playtesting, hasil
penelitian menunjukkan bahwa game yang dikembangkan memberikan kontribusi
positif dengan presentase kepuasan sebesar 81.8%, berdasarkan tanggapan dari 11
responden. Game ini dianggap membantu calon mahasiswa baru untuk lebih
interaktif dan mengenal lingkungan tempat mereka akan berkuliah. Metode
pengembangan game yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle.
Keyword: Pengenalan lingkungan kampus, Video game, Godot Engine.Multimedia