DETAIL DOCUMENT
GAMIFIKASI KEGIATAN PENGENALAN LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG MENGGUNAKAN GODOT ENGINE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sorong
Author
MUHAMMAD ALIF WIRA, MUHAMMAD ALIF WIRA
Subject
ZA4050 Electronic information resources 
Datestamp
2024-10-03 02:02:07 
Abstract :
Pengenalan lingkungan kampus menjadi salah satu hal yang penting bagi tiap mahasiswa untuk mengenali lingkungan kampus yang akan mereka gunakan untuk belajar nantinya. Namun, terdapat permasalahan dalam pengenalan lingkungan kampus secara online pada tahun 2020, yang dinilai tidak efektif dalam penyampaian materi dan dianggap membosankan bagi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam user research, partisipan merasa bosan dengan pengenalan lingkungan kampus secara online, dan lebih memilih media alternatif seperti game untuk pengenalan lingkungan kampus. Metode analisis naratif juga digunakan, dan hasilnya menunjukkan bahwa Generasi Z (Gen Z) memiliki minat yang tinggi dalam bermain game. Melalui user validation dan playtesting, hasil penelitian menunjukkan bahwa game yang dikembangkan memberikan kontribusi positif dengan presentase kepuasan sebesar 81.8%, berdasarkan tanggapan dari 11 responden. Game ini dianggap membantu calon mahasiswa baru untuk lebih interaktif dan mengenal lingkungan tempat mereka akan berkuliah. Metode pengembangan game yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle. Keyword: Pengenalan lingkungan kampus, Video game, Godot Engine.Multimedia 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sorong