DETAIL DOCUMENT
Penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi mendiskripsikan pola kegiatan ekonomi, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi kelas VII SMP Negeri 1 S
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Iza, Ni'matul
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Iza Ni matul. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Mendiskripsikan Pola Kegiatan Ekonomi Penggunaan Lahan dan Pola Permukiman Berdasarkan Kondisi Fisik Permukaan Bumi Kelas VII SMP Negeri 1 Sumobito Kabupaten Jombang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata kunci Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa metode pembelajaran IPS Geografi yang dilakukan oleh guru kelas VII F di SMP Negeri 1 Sumobito berupa ceramah penugasan dan diskusi kelompok. Metode tersebut dirasakan masih kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran kerja kelompok dan kemampuan siswa dalam menguraikan materi pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang optimal dalam mencapai kompetensi yang ditetapkan. Hal itu terlihat dari ketuntasan klasikal sebesar 47%. Ketuntasan belajar siswa tersebut kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) sebesar 65 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 85%. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai kompetensi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan rancanngan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dianalisis secara deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas VII F yang berjumlah 34 siswa pada bulan Mei Juni 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan sebesar 47% pada siklus I meningkat menjadi 65% dan siklus II meningkat menjadi 91%. Berdasarkan hasil tersebut disarankan agar model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar yang berupa pengembangan kompetensi dasar mendiskripsikan atau kompetensi sejenis yang perlu dilakukan penelitian. Bagi guru bidang studi IPS Geografi di SMP Negeri 1 Sumobito disarankan untuk menjadikan model Numbered Head Together sebagai salah satu pembelajaran alternatif agar dapat meningkatkan hasil belajar. Untuk penelitian lanjutan model ini perlu dikembangkan pada kompetensi dasar analisis dengan aspek hasil belajar dan aktivitas siswa.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang