DETAIL DOCUMENT
Pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan tahun ajaran 2006/2007 / Megawati Kartika Sary
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Megawati Kartika Sary
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2009-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Sary Megawati Kartika. 2006. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memanfaatkan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Taufik Darmawan M.Hum (II) Dra. Nita Widiati M.Pd. Kata kunci pembelajaran menulis puisi media audiovisual. Menulis puisi merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah wacana sastra yang berbentuk puisi dengan memperhatikan berbagai unsur yang terkandung di dalamnya. Pembelajaran menulis puisi adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam menerapkan keterampilan dasar menulis puisi serta pikiran-pikiran utama di sekitar siswa melalui berbagai pengalaman dan ilmu pengetahuan. Terdapat unsur-unsur pembentuk puisi seperti diksi pengimajian kata konkret bahasa figuratif. Pembelajaran menulis puisi dapat lebih memberikan motivasi kepada siswa dengan adanya inovasi dalam pembelajaran. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan media audiovisual. Media audiovisual diharapkan mampu merangsang kreatifitas siswa dalam menghasilkan karya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan persiapan pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia Kelas VIII dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan. Sumber data penelitian ini adalah data dokumentasi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual dan catatan hasil proses belajar mengajar dan data empiris berupa aktivitas proses belajar mengajar saat pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa rumusan perencanaan tujuan pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual sesuai dengan kurikulum. Rencana pembelajaran (RP) yang disusun guru terdiri dari identitas mata pelajaran aspek dan sub aspek standar kompetensi kompetensi dasar indikator atau hasil belajar tujuan pembelajaran pemilihan materi dam media metode pembelajaran perencanaan prodesur pembelajaran dan perencanaan penilaian. Persiapan pada prosedur pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Rencana kegiatan pendahuluan meliputi kegiatan tanya jawab penyampaian kompetensi dan penyiapan bahan pendukung pembelajaran. Rencana kegiatan inti yang dilakukan guru adalah menyiapkan kelengkapan media menyiapkan instruksi unjuk kerja menyiapkan rubrik penilaian dan pemilihan siswa dalam penilaian. Rencana kegiatan penutup yang dilakukan guru adalah menyiapkan catatan berdasarkan pengamatan yang akan dilakukan selama pembelajaran serta menyiapkan kriteria penilaian tugas siswa. Persiapan penilaian terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil. Persiapan penilaian proses maupun penilaian hasil meliputi kejelasan isi rubrik penilaian spesifikasi rubrik penilaian rubrik penilaian mudah diamati dan diukur. Prosedur pembelajaran menulis puisi dengan pemanfaatan media audiovisual terdiri dari kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajaran dalam kegiatan pendahuluan yaitu tanya jawab pemberian skemata respons guru terhadap pernyataan siswa penyampaian pokok masalah dan penyampaian tujuan pembelajaran. Tahapan yang dilakukan guru pada kegiatan inti adalah penayangan media audiovisual penerapan teknik pembelajaran kejelasan instruksi guru terhadap siswa pengumpulan hasil karya siswa pengungkapan kriteria penilaian menulis puisi. Kriteria penilaian menulis puisi meliputi kreatifitas ide pemilihan kata/diksi kesesuaian tema dan nilai yang terkandung dalam puisi. Kegiatan penutup meliputi membimbing siswa membuat kesimpulan merefleksi pembelajaran dan pemberian tugas. Penilaian pembelajaran menulis puisi dengan pemanfaatan media audiovisual meliputi penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses meliputi peengamatan terhadap partisipasi inisiatif motivasi dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Penilaian hasil meliputi kesungguhan siswa dalam melakukan penilaian hasil penilaian sesuai yang dengan kriteria penilaian spesifikasi hasil penilaian dan kejelasan hasil penilaian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam aktivitas proses belajar mengajar guru lebih memberikan bimbingan arahan dan motivasi yang lebih intensif kepada siswa. Sebab pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual ini memerlukan tampilan yang menarik dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual ini akan lebih efektif.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang