DETAIL DOCUMENT
Persepsi Guru Tentang Media Instruksional Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di SLTP Negeri Se-Kecamatan Prambon Kabupaten Gresik oleh Moh. Sholihuddin
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Moh.
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Mediai nstruksionaml erupakanb agiand ari sumberb elajard ans ekaligus bagian integral dari teknologi pendidikan yang perlu dimanfaatkan dan didayagunakans emaksimaml ungkin oleh gUru-gUruu ntuk menunjange fektifitas kegiatan belajar mengajar di sekolah. Para guru dituntut untuk memiliki kemampuan tentangp emanfaatand an penggunaanm edia instruksionals ertas umber-sumber pendidikanla innyay angd apatm enunjangk eberhasilakne giatanb elajarm engajar. Tujuand alamp enelitianin i adalahu ntukm engetahu.i (l) Persepsgi uru tentangm edia insffuksionald alamk egiatanb elajar mengajar.( 2) Persepsgi uru tentangp olap emilihanm ediai nstruksionadl alamk egiatanb elajarm engajar (3) Persepsgi uru tentangp ola pemanfaatanm edia instruksionald alamk egiatan belajar mengajar. Metodep enelitianin i adalahd eskriptifdenganm enggunakaann gkets ebagai teknik pengumpul data. Analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif denganru musp ersentase. Hasil yangd iperolehd alamp enelitianin i menunjukkanb ahwa( 1) Sebagian guru menyatakans etujum enggunakanm edia instruksionalu ntuk pencapaiantu juan pembelajaranm engefektifkank omunikasii nteraksi antarag uru dengans iswa mengantarkanp esanp embelajaranm engatasai danyap erbedaank emampuana nak mempe elasp enyampaiains i pelajarand anm enjadikanp embelajaratnid ak monoton.( 2) Sebagianb esarg gru menyatakanm edia instruksionalb erfungsiu ntuk merealisasikantu juan instruksional s edangkans ebagianla innyam enyatakans etulu bahwaf ungsim ediau ntukm embangkitkamn otivasib elajars iswa.( 3) Sebagianbesar gurum emilih mediai nstruksionadl isesuaikadne ngantu juanm engajarm etode mengajar m ateri pelajaran s edangkans ebagiank ecil guru menyatakank adangkadangm emilih mediai nstruksionadl enganm empertimbangkakne tersediaamn edia dr sekolah s ebagiang uru menyatakans elalum emilih media dengan mempertimbangkanfa ktor biaya pengadaans ebagiang wu menyatakank adangkadangm emilih media denganm enyesuaikank araLileristiks iswa s edangkan sebagianke cil lainnyam enyatakanse nngm emilih mediad enganm enyesuaikan kemampuans iswa.( 4) Sebagianb esarg uru selalum elakukanp ersiapans ebelum memanfaatkamn ediai nstruksionalm enyesuaikadne ngantu juanp embelajaran sedangkans ebagiang rrlu menyatakans elalum emanfaatkanm edia instruksional untuk meningkatkanm utu pelajaran. Caram emperolehm ediai nstruksionadl ilakukano leh sebagiang urud engan kadang-kadanmg embuats endiri sebagiang uru menyatakans eringm embeli dengan danas ekolah d an sebagiang uru menyatakanti dak pcrnahm embeli dengand ana sendiri s ebagiang uru lainnya menyatakans elalum engusulkank epadap emerintah. Sebelumm emanfaatkamn ediai nstruksionasl ebagiang urur nenyatakasne lalu mempelajarip etunjukp enggunaanm edia m enjagak etenangank elas d an sebaglan gwu menyatakank adang-kadangm endesainm ata pelajaran. Setelahm enggunakanm edia instruksionalk egiatany ang dilakukan sebagian besarg wu selalum emberikanp enjelasatna mbahanu ntukm emperdalamm ateri sedangkans ebagiang uru lainnya selalum engadakanta nyajawabk epadas iswa seringm engadakante s formatif kadang-kadangm engadakand iskusi tentangi si pelajaran d an kadang-kadangm enyuruhs iswam endemonstrasikadni muka kelas. Pola pemanfaatanm edia instruksionaly ang dilaksanakang uru-gurud i SLTPN se-KecamatanP rambonK abupatenN ganjuk menunjukkanb ahwas ebagianb esar guru menyatakans elalum enggunakanp ola pemanfaatand i dalam situasik elas sebagiang uru kadang-kadangm enggunakanp ola pemanfaatand iluar situasik elas dan pola pemanfaatand iluar situasik elas secarat erkontrol sedangkans ebagiang uru lainnya menyatakanti dak pernahm enggunakanp ola pemanfaatand i luar situasi kelass ecarab ebas. Berdasarkahna silp enelitiand apatd iambilk esimpulany aitu (l) Sebagian besarg uru mempunyaip ersepsbi ahwap nggunaanm edia instruksionalp erlu dilakukan dalamp embelajarank arenad apatm engefekti kank omunikasii nteraksi antarag uru dengans iswa m engatasai danyap erbedaank emampu rann akd alam menangkapp esanm emperjelaps enyampaiains i pelajarans ertam enjadikan pembelajaranti dak monoton ( 2) Sebagianb esarg uru mempunyaip ersepsbi ahwa pola pemilihan media instruksional dalam kegiatan belajar mengajar harus mempertimbangkatunj uand anm etodem engajars ertad isesuaikadne ngan karakteristiks iswa d isampingm empertimbangkanfa ktor biaya pengadaan (3) Sebagianb esarg uru mempunyaip ersepsbi ahwap ola pemanfaatanm edia instruksionadl alamk egiatanb elajar mengajars elalum enggunakapno la pemanfaatand i dalam situasik elas.A gar kegiatanb elajar mengajarb e alan dengan lancar dan sesuai dengan tquan yang ingin dicapai maka kepala sekolah dan Depdiknasp erlu mengadakanp elatihar/seminary angb ekerjas amad engana hli media s edangkang uru perlu mengoptimalkanp emanfaatanm edia dalam pembelajaranu ntuk meningkatkank eprofesionalannyad engans eringm engikuti pelatihanp enatarand ans emina 

Institution Info

Universitas Negeri Malang