DETAIL DOCUMENT
Pengaruh pelatihan pengenalan diri terhadap self-esteem remaja putri Panti Asuhan Aisyiah Malang / Titik Endah Cahyowati
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Cahyowati, Titik Endah
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Cahyowati Titik Endah. 2008. Pengaruh Pelatihan Pengenalan Diri terhadap Peningkatan Self-Esteem Remaja Panti Asuhan Aisyiah Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prastuti M.Si (II) Ika Andrini Farida M.Psi. Kata Kunci pelatihan pengenalan diri self-esteem Pada masa remaja seseorang mulai tertarik untuk melihat penilaian orang lain mengenai dirinya. Remaja sering kali beranggapan bahwa orang lain melihat dirinya dari status yang mereka miliki. Sehingga apabila status sosialnya dianggap tidak memadai dari sudut pandang sosial mereka merasa tertolak dan berakibat munculnya self-esteem yang rendah. Self-esteem yang rendah ini dapat ditingkatkan melalui suatu program Pelatihan Pengenalan Diri. Pelatihan Pengenalan Diri adalah pelatihan yang disusun untuk membantu individu dalam mengenali dirinya melalui proses pengungkapan diri dan umpan balik. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Aisyiah Malang. Disain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen ulang non random dengan menggunakan kelompok kontrol (non randomized pretest-postest control group design). Desain ini merupakan desain yang dilakukan dengan pre test sebelum perlakuan diberikan dan post test sesudahnya sekaligus ada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Penelitian menggunakan 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen terdiri dari 5 anak dan kelompok eksperimen terdiri dari 5 anak. Kedua kelompok berasal dari remaja putri Panti Asuhan Aisyiah Malang yang memiliki kriteria sebagai berikut remaja putri berusia 13-19 tahun tinggal di Panti Asuhan Aisyiah Malang waktu tinggal di panti asuhan minimal 1 tahun memiliki tingkat self-esteem sedang dan rendah. Analisis data menggunakan formula Mann-Whitney dengan bantuan program SPSS 12.0 for windows. Instrumen penelitian berupa skala self-esteem dan Buku Pedoman dan Materi Pelatihan Pengenalan Diri untuk meningkatkan self-esteem remaja putri Panti Asuhan Aisyiah Malang. Skala self-esteem terdiri dari 4 aspek yaitu significance power virtue dan competence. Sedangkan untuk Buku Pedoman dan Materi Pelatihan Pengenalan Diri untuk meningkatkan self-esteem remaja putri Panti Asuhan Aisyiah Malang ini menggunakan 4 metode antara lain ceramah pemberian tugas diskusi dan permaianan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan pengenalan diri memiliki pengaruh terhadap peningkatan self-esteem remaja putri Panti Asuhan Aisyiah Malang. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan nilai Mann-Whitney sebesar 0 500 ( 945 0 011 0 05). Dengan demikian maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pelatihan pengenalan diri terhadap peningkatan self-esteem remaja putri Panti Asuhan Aisyiah Malang diterima. Saran bagi remaja putri Panti Asuhan sebaiknya dapat menilai diri secara keseluruhan baik dari sisi negatif maupun sisi positifnya. Penilaian diri ini dapat dilakukan dengan saling memberikan masukan antar teman yang sudah cukup dekat di panti. Bagi pengasuh Panti Asuhan sebaiknya bekerja sama dengan para ahli psikologi untuk memberikan pelatihan-pelatihan pengembangan diri bagi remaja Panti Asuhan sehingga diharapkan remaja yang tinggal di panti asuhan ini dapat memenuhi tugas-tugas perkembangannya. Bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti dengan topik yang sama diharapkan untuk menambahkan variabel pembeda pada subyek penelitian seperti tipe kepribadian untuk menentukan tipe pembelajaran yang sesuai dengan subyek. Pengawasan terhadap variabel kontrol juga diharapkan dapat dilaksanakan dengan semaksimal mungkin oleh peneliti sehingga dapat diperoleh hasil penelitian yang lebih akurat. Pemberian pos-test juga sebaiknya tidak hanya dilakukan satu kali. Hal ini bertujuan untuk melihat tingkat pengaruh jangka panjang dari pelatihan pengenalan diri bagi subyek pelatihan.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang