DETAIL DOCUMENT
Kesalahan berbahasa pelajar asing dalam kegiatan tutorial: studi kasus di center for Indonesian studies-Bahasa Indonesia bagi penutur asing Universitas Negeri Malang pada fall semester 2000 oleh Bayu Cahyo Widyatmoko
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Widyatmoko, Bayu Cahyo
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
BahasaI ndonesiad ikenal oleh masyarakatt i dak harryad i Indonesiat etapi juga di luar negeri.P engajaranb ahasaI ndonesiajugam engalamip erkembangan. BahasaIn donesiat idak hanyad iajarkank epadao rang-orangIn donesiat aapijuga kepadas ebagrano ranga sing.P engajaranb ahasaIn donesiau ntuk oranga singd I lndonesiad apatd itemukand i sekolah-sekolahin ternasionald i Indonesiad anbahkan di luar negeri.A danyap engajaranb ahasaI ndonesiar mtuk oranga singm emunculkan istilah bahasaI ndonesias ebagabi ahasaa sing.B ahasaI ndonesias ebagabi ahasaa sing perlu mendapatp engakuanre smi dari pemerintahI ndonesia. Mengingatb elum mapannyab ahasaI ndonesiad ari segik eilmuannya pemantapanm ateri pengajarany angb aik adalahk ebutuhanm endesakA. da banyak variasi pemakaianb ahasaI ndonesia.T ata bahasab ahasaI ndonesiah arusd iajarkan dan dikuasai oleh pelajar asing tetapi ftngsi sosial bahasa tidak boleh dibiarkan. Tata bahasay.a ngb aik belum tentu membuats eseorangb isa berbahasad enganb aik. Mungkin bahasa yang ia gunakan benar tetapi tidak komunikatif. Kegiatan tutorial di CIS-BIPAU M memperhatikanfu ngsi sosialb ahasaD. engank egiatant utorial di luar kelas p elajar asingd ibiqnkan mendengard an mengucapkanb ahasaIn donesiay ang berterimad an dipakai oleh masyarakatP. emahamanta ta bahasay angb aik dan benar dilalrukand alamp engajarand i kelas. Penelitian yang berjudul Kesalahan Berbahasa Indonesia Pelajar Asing dalam Kegiatan Tutorial Studi Kasusd i CIS-BIPA UM pada Fall Semeste2r 002 bertujuanu ntuk mengetahubi entuk kesalahanm orfologi kesalahans intaksis d an kesalahanp emilihan kata yang dilakukan oleh pelajar asingd i CIS BIPA UniversitasN egeri lvfalangp adaf all semester2 002.K esalahany angd iteliti adalah tuturan-tuturano leh pelajar asingt ingkat pemulay ang muncul padaw aktu kegiatan tutorial berlangsungP. enelitiani ni pentingd ilakukank arenah asilnyam emiliki manfaatb esaru ntuk pengajaranb ahasaI ndonesiat idak hanyat ulis tetapi juga lisan. Rancanganp enelitiani ni adalahd eskriptif-kualitatif. Rancanganin I digunakan rmtuk mendasari penelitian dari sumber data yang telatr ditenhrkan yaitu tuturan-tuturanp elajar asingy ang diidentifikasi oleh peneliti denganb anhranp ara tutor sebaya di CIS-BIPA UM. Pelajar asing tersebut adalah pelajar pemula dalam belaaj r bahasaln donesai . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuturan-tuturan oleh pelajar asing tingkat pemula di cIS-BIPA uM memuatk esalahanK. esalahan-kesaiahatenr sebut meliputik esalahanfo nologi ataup engucapank ata kesalahanm orfologi atau Jresalahapna dap rosesp embubuhanim buhanp adak ata kesalahans inLksis yang berupak esalahanp enyusunank ata dalam kalimat dan kesalahanp emilihan kata. Berdasarkanh asil penelitian ini dapatd isarankana gard ilakukan penelitian lebih lanjut yang lebih luas.D i sampingi tq pengajaranb ahasaIn donesias ebagai bahasaa singd iharapkanm enggunakanpeneiitianin i sebagabi ahanp enyusunan kurikulum p enataanm ateri penyusunanb uku ajar penenluant ekanan-iekanan Baja3n dan unh penenhnne valuasiy angbaikdalam pengajaranb ahasaIndonesiau ntuk oranga asing. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang