DETAIL DOCUMENT
Efektivitas pelatihan asertivitas untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi interpersonal mahasiswa psikologi UM / Ririn Rochmawati
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Rochmawati, Ririn
Subject
 
Datestamp
2009-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Rochmawati Ririn. 2008. Efektivitas Pelatihan Asertivitas Untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Psikologi UM. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Marthen Pali M.Psi (II) Ika A. Farida S.Psi M.Psi Kata Kunci Pelatihan Asertivitas Ketrampilan Komunikasi Interpersonal. Berkomunikasi adalah satu keharusan bagi manusia. Komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan fungsi yang paling pokok dalam berinteraksi. Komunikasi merupakan pondasi dari semua hubungan interpersonal dan semua kehidupan kita selalu dipenuhi oleh pengalaman komunikasi dengan sesama. Ketrampilan komunikasi interpersonal merupakan ketrampilan yang penting dalam menjalin hubungan dan mempertahankan hubungan dengan orang lain termasuk ketrampilan yang juga harus dimiliki oleh mahasiswa psikologi sebagai calon profesional helper. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan asertivitas untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi interpersonal mahasiswa psikologi UM dengan membandingkan skor ketrampilan komunikasi interpersonal sebelum dan setelah pelatihan diberikan pada kelompok eksperimen serta membandingkannya dengan kelompok kontrol yang tidak diberi pelatihan. Beberapa ketrampilan komunikasi yang penting dimiliki adalah keterampilan komunikasi yang jujur dan terus terang kemampuan untuk mengenali dan mengekspresikan perasaan kepada orang lain komunikasi empati yang tepat pada klien atau orang lain serta kemampuan mengatakan tidak . Ketrampilan-ketrampilan tersebut dapat dilatih dan ditingkatkan lewat pelatihan asertivitas. Pelatihan asertivitas adalah pelatihan yang menggunakan pendekatan behavioristik lewat prosedur (1) Modelling (2) Role Playing (3) Feed Back atau umpan balik dan (4) Transfer Of Learning. Pada penelitian terbatas pada tiga topik pelatihan yaitu (1) Membangun Afirmasi diri (2) Mengekspresikan Perasaan Positif (3) Mengekspresikan Perasaan Negatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di UPT Bimbingan Konseling Universitas Negeri Malang tanggal 24-26 Juli 2008. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelatihan asertivitas dan variabel terikat adalah ketrampilan komunikasi interpersonal. Instrumen yang digunakan adalah skala ketrampilan komunikasi interpersonal dan panduan pelatihan asertivitas dengan subyek penelitian sebanyak 11 orang subyek kelompok eksperimen dan 12 orang subyek kelompok kontrol. Analisis hasil penelitian adalah dengan menggunakan signifikansi statistik. Signifikansi statistik menggunakan uji statistik parametrik t. Uji hipotesis amatan ualang pada kelompok eksperimen menunjukkan hasil nilai t 5 788 nilai p 0 006 (p 

Institution Info

Universitas Negeri Malang