DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara self efficacy dan problem focused coping dengan prestasi akademik pada mahasiswa yang memprogramkan skripsi / Anna Yunita Simamora
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Simamora, Anna Yunita
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Kata kunci self efficacy problem focused coping dan prestasi akademik Prestasi akademik dapat diprediksi melalui self efficacy yaitu keyakinan individu memperkirakan kemampuan diri dalam melaksanakan tugas dan tindakan tertentu dan problem focused coping yang dilakukan mahasiswa dalam penulisan skripsinya. Skripsi merupakan salah satu syarat mahasiswa dapat lulus dari perguruan tinggi dan meraih gelar sarjana. Namun dari data mahasiswa Universitas Negeri Malang sebesar 43% mahasiswa Psikologi yang belum lulus. Self efficacy mahasiswa dan bagaimana mahasiswa tersebut menghadapi situasi yang membuatnya tertekan akan menentukan prestasi akademik yang akan dicapai. Tujuan penelitian (1) gambaran self efficacy pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi. (2) gambaran problem focused coping pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi. (3) gambaran prestasi akademik pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi. (4) hubungan antara self efficacy dan problem focused coping dengan prestasi akademik pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi. Penelitian ini menggunakan subyek penelitian sebanyak 52 orang mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi. Instrumen yang digunakan yaitu skala self efficacy dan skala problem focused coping dengan model skala Likert sedangkan untuk prestasi akademik diambil dari data mahasiswa. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif analisis korelasi product moment analisis regresi linear berganda. Dari uji coba diperoleh 32 item untuk skala self efficacy dan reliabilitas 0 922 sedangkan pada skala problem focused coping diperoleh 30 item dengan reliabilitas 0 905. Hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa self efficacy pada mahasiswa tergolong sedang problem focused coping pada mahasiswa tergolong sedang dan prestasi akademik yang dimiliki mahasiswa masih tergolong sedang. Hasil analisis korelasi product moment dan regresi linear berganda menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan prestasi akademik (r 0.277 p 0 047 0.05) dan hubungan antara problem focused coping dengan prestasi akademik menunjukkan hubungan yang signifikan (r 0.305 p 0 028 0.05). Hasil korelasi linear berganda menunjukkan hubungan yang signifikan antara self efficacy dan problem focused coping dengan prestasi akademik R 0 362 R2 0 131 dan F hitung sebesar 3 701 ( p 0 032 0 05). Saran yang diberikan (1) bagi mahasiswa dapat mengetahui bahwa pentingnya self efficacy dan problem focused coping dalam penulisan skripsi sehingga dapat meningkatkan nya lagi sehingga dapat meraih prestasi yang baik. Faktor dari dalam diri invidu serta dari luar juga berpengaruh dalam pelaksanaan tugas untuk mencapai prestasi yang baik. (2) Instansi pendidikan hendaknya memberikan perhatian pada perkembangan skripsi khususnya dosen pembimbing. Saran dan bimbingan dari dosen pembimbing dapat meningkatkan self efficacy dan problem focused coping pada mahasiswa. (3) Bagi peneliti Selanjutnya diharapkan pada peneliti selanjutnya melakukan penelitian dengan metode penelitian yang berbeda yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif ataupun sebagai referensi dalam melakukan penelitian dengan menggunakan sampel yang berbeda.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang