DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan pengambilan keputusan program jurusan pada siswa kelas X MAN 3 Malang / Dewi Leksani Putri
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Putri, Dewi Leksani
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Putri Dewi Leksani. 2009. Hubungan Kecerdasan Intrapersonal dengan Pengambilan Keputusan Program Jurusan pada Siswa Kelas X MAN 3 Malang. Skripsi Program Studi Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Adi Atmoko M.Si (II) Moh. Bisri M.Si. Kata Kunci kecerdasan intrapersonal pengambilan keputusan program jurusan. Tidak sedikit siswa yang masih merasa kebingungan akan mengambil program jurusan apa. Untuk itu diperlukan suatu kemampuan untuk memahami diri yang disebut dengan kecerdasan intrapersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan pengambilan keputusan program jurusan pada siswa Kelas X MAN 3 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Subyek penelitian adalah seluruh siswa Kelas X yang akan menempuh program jurusan sebanyak 171 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan intrapersonal (validitas item 0 314 s.d 0 624 894 reliabilitas 0 913) dan skala pengambilan keputusan program jurusan (validitas item 0 329 s.d 0 599 894 reliabilitas 0 906). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan pengambilan keputusan program jurusan (rxy 0 387 sig 0 000 0 05) yang berarti semakin tinggi kecerdasan intrapersonal maka semakin baik kemampuan dalam mengambil keputusan program jurusan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal siswa sebanyak 31% (53 siswa) tergolong tinggi 38 6% (66 siswa) tergolong sedang dan 30 4% (52 siswa) tergolong rendah. Sedang pengambilan keputusan program jurusan siswa sebanyak 27 5% (47 siswa) tergolong baik 38 8% (63 siswa) tergolong cukup dan 35 7% (61 siswa) tergolong buruk. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) konselor untuk membantu siswa meningkatkan kecerdasan intrapersonal pada aspek pengetahuan akan tujuan diri dengan cara monitoring sasaransasaran pribadi siswa (2) guru untuk mambangun kecerdasan intrapersonal siswa pada aspek pengetahuan akan nilai pribadi dengan jalan membiarkan siswa belajar dengan caranya sendiri serta memberi kesempatan bagi siswa untuk memberi dan menerima masukan (3) orang tua dapat meningkatkan aspek kesadaran diri emosionil anak dengan cara membiarkan anak mengekspresikan perasaannya dan menerima diri anak apa adanya (4) siswa hendaknya dalam pengambilan keputusan program jurusan benarbenar disesuaikan dengan minat dan prestasi belajar. Untuk itu siswa diharapkan dapat memahami kelebihan dan kekurangan dirinya dengan baik dan (5) peneliti selanjutnya jika ingin meneliti ulang maka subyek penelitian yang digunakan dari beberapa sekolah. Kemudian dapat menggunakan penelitian kualitatif kepada siswa Kelas XI dan XII yang telah menempuh penjurusan. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang