DETAIL DOCUMENT
Hubungan kebiasaan menonton acara televisi dengan tingkat pengungkapan diri siswa / Shinta Permata
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Permata, Shinta
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Permata Shinta. hubungan kebiasaan menonton acara televisi dengan tingkat pengungkapan diri siswa SMKN 1 Pogalan. Skripsi Program Studi Bimbingan dan konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr Andi Mappiare AT M..Pd (II) Drs. H Widada M.Si Kata Kunci kebiasaan menonton acara televisi pengungkapan diri Pengungkapan diri dapat membantu seseorang berkomunikasi dengan orang lain meningkatkan kepercayaan diri serta hubungan menjadi lebih akrab. Remaja dapat mempelajari pola tutur kata berbagai kosa kata baru dan sikap melalui percakapan artis dalam setiap adegan di dalam acara yang mereka tonton. Setiap individu melakukan pengungkapan diri karena setiap individu selalu ingin menyampaikan pendapat keinginan dan perasaanya pada orang lain. Oleh karena terdapat kemungkinan adanya hubungan kebiasaan menonton televisi terhadap pengungkapan diri peneliti ingin melakukan penelitian terhadap dua variabel tesebut Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui kebiasaan menonton acara televisi siswa SMKN 1 Pogalan (2) mengetahui tingkat pengungkapan diri siswa SMKN 1 Pogalan (3) mengetahui hubungan antara kebiasaan menonton acara televisi dengan tingkat pengungkapan diri siswa SMKN 1 Pogalan Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif korelasional. Bersifat deskriptif karena bertujuan memperoleh gambaran tentang kebiasaan menonton acara televisi dan pengungkapan diri. Bersifat korelasional karena penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada tidaknya hubungan. Populasi dalam penelitian ini memiliki ciri-ciri Siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan Masih tercatat sebagai siswa di SMK Negeri 1 Pogalan Berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Berdasarkan ciri-ciri terdapat 270 Orang. Teknik sampling penelitian yang digunakan adalan teknik proporsional random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 159 orang. Sedangkan instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Kebiasaan menonton televisi dan kuesioner pengungkapan diri. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) siswa SMKN 1 Pogalan memiliki kebiasaan menonton televisi dengan klasifikasi sering. (2) Secara umum siswa SMKN 1 Pogalan memiliki kemampuan pengungkapan diri dengan klasifikasi buruk (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan menonton televisi dengan pengungkapan diri. Hubungan tersebut bersifat positif dengan r korelasi sebesar 0 398 dengan signifikansi sebesar 0 000. Disarankan kepada para konselor untuk memberikan informasi yang tepat tentang acara televisi yang baik dan memberikan latihan agar siswa dapat menggunakan pengungkapan diri secara tepat. Untuk orang tua hendaknya memberikan bimbingan kepada anaknya tentang acara yang mereka tonton dan bersedia mendengar dan memperhatikan ketika anaknya ingin melakukan pengungkapan diri.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang